Uraian Tugas Staff Umum dan Kepegawaian yang Perlu Diketahui

1 min read

Tugas Staff Umum

Uraian Tugas Staff Umum dan Kepegawaian yang Perlu Diketahui – Dalam dunia kantor, pemerintahan, maupun perusahaan seringkali ditemukan staff khusus untuk mengurusi tugas-tugas kepegawaian. Tugas tersebut terpisah dengan tugas utama kantor, dimana objek staff ini memang di khususkan untuk mengelola dan mengurusi berbagai detal terkait kepegawaian dan administrasi.

Secara umum uraian tugas staff umum dan kepegawaian cukup beragam dan luas, tergantung dengan jenis kantor atau perusahaan tempat mereka bekerja. Secara umum mereka akan mengurusi kegiatan surat menyurat, rumah tangga perusahaan, serta urusan kehumasan.

Sedangkan beberapa kantor dengan sistem kerja yang lebih detail memberikan wewenang yang lebih luas, misalnya untuk mengurusi urusan dokumentasi kantor, inventarisasi barang, hingga mengatur administrasi yang diperlukan oleh pegawai yang bekerja di kantor tersebut.

Fungsi Umum Staff Kepegawaian dan Staff Umum

Terdapat empat fungsi umum yang harus dipenuhi oleh staff khusus urusan umum dan administrasi, yakni:

  1. Perencanaan untuk berbagai kegiatan urusan umum, meliputi surat menyurat resmi antar kantor atau devisi kerja, dokumentasi serta inventarisasi barang.
  2. Melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, terutama di bidang kepegawaian, surat menyurat, hingga inventarisasi dan dokumentasi untuk kantor tersebut.
  3. Uraian tugas staff umum dan kepegawaian selanjutnya adalah melakukan pembagian tugas serta melakukan kontrol terhadap kegiatan urusan umum dan kehumasan. Mereka juga mengontrol invetarisasi dan administrasi kepegawaian.
  4. Melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh atasa staff kepegawaian tersebut, yang masih memiliki keterkaitan dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas Staff Umum dan Kepegawaian

Setelah mengetahui empat fungsi dari staff kepegawaian dan umum tersebut, sebaiknya Anda mengetahui uraian secara lengkap mengenai tugas yang harus dilakukan oleh staff tersebut. Terutama untuk Anda yang hendak melaksanakan tugas karena berada di posisi tersebut, diantara tugas tersebut adalah:

  1. Membuat daftar kebutuhan barang serta rencana tahunan mengenai barang tersebut, baik berupa perawatan ataupun perbaikan jika mengalami kerusakan.
  2. Menyusun kebutuhan untuk biaya pemeliharan barang yang terdapat di kantor tersebut, baik barang baru ataupun barang yang sudah menjadi inventaris.
  3. Uraian tugas staff umum dan kepegawaian selanjutnya adalah melaksanakn tugas serta urusan administrasi untuk kantor, serta kepegawaian dalam lingkup kerjanya.
  4. Mengatur administrasi berupa pelaksanaan surat masuk, surat keluar, serta berbagai dokumen penting yang dikeluarkan atau ditujukan untuk kantor maupun perusahaan.
  5. Memberikan saran dan pertimbangan, terutama masalah teknis agar kinerja perusahaan berjalan dengan lancar.
  6. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan, asalkan tugas tersebut masih sesuai dengan fungsi staff kepegawaian tersebut.

Masih banyak tugas lain yang menjadi tanggung jawab dari bidang untuk urusan umum dan kepegawaian ini. Misalnya, mereka juga harus mempelajari peraturan perundang-undangan terkait dengan lingkup kerja, sehingga ketika melaksanakan tugasnya kesalahan bisa diminimalisir sampai minimal. Dapatkan juga informasi seputar karir di chokingman.com.

Uraian tugas staff umum dan kepegawaian tidak hanya berhenti disana, mereka juga harus menuliskan laporan dan menyampaikannya kepada pihak atasan. Sehingga atasan mendapatkan gambaran apa yang telah dilakukan oleh pegawainya, mulai dari kegiatan lapangan, tugas harian, hingga laporan evaluasi bulanan dan tahunan.

Menjadi seorang staff umum dan kepegawaian memang tidak terlihat mudah, namun jika ditekuni dengan baik, pekerjaan ini cocok untuk mereka yang menyukai kegiatan yang terorganisir. Dengan mengetahui uraian tugas staff umum dan kepegawaian tersebut, semoga Anda mendapatkan gambaran mengenai tugas staff ini secara detail dan menyeluruh.