Tips Merawat dan Mendidik Anak

1 min read

Hamil, Kena Radang Panggul

Halo Dokter Judi, saya (37) sedang hamil anak ketiga. Usia kehamilan 17 minggu. Sudah 2 tahun belakangan ini saya mengidap kista. Bahkan sebelum saya dinyatakan hamil yang terakhir ini, saya dinyatakan terkena radang panggul dan terdapat cairan yang diduga nanah di belakang rahim. Karena saya hamil, treatment untuk radang panggul ini ditunda. Sayangnya saya tidak dijelaskan treatmentnya seperti apa? Apakah harus dioperasi? Terus terang semakin besar kehamilan, saya sering mengalami nyeri panggul, apalagi kalau habis duduk lama. Dokter Judi, apakah radang panggul dan nanahnya itu bisa mengganggu kehamilan saya? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi rasa nyeri ini? Mohon penjelasan Dokter Judi. Terima kasih. Dyah Isnaeni – Jambi

Jarang sekali terjadi kehamilan bila sedang terdapat nanah atau infeksi di rongga panggul. Mungkin yang dimaksud oleh dokter Ibu adalah suatu kista sederhana atau kista cokelat yang mungkin saja tidak mengganggu proses kehamilan. Saat ini yang bisa dilakukan adalah melakukan biakan kuman dari vagina dan urine untuk mendeteksi apakah ada infeksi atau tidak. Bila ada infeksi, dapat dipilih obat yang aman bagi janin dan ibu hamil. Infeksi memang dapat membahayakan janin dan ibu hamil karena kuman tersebut dapat merangsang kontraksi rahim, dan infeksi selaput ketuban sehingga bisa pecah, atau bahkan menyerang janin sehingga dapat menimbulkan kematian janin. Sebagai upaya pencegahan, jangan menahan BAK, cukup minum, cukup istirahat, perhatikan kebersihan rongga mulut, dan banyak berdoa. Terima kasih atas pertanyaan ibu.

Ubun-Ubun Masih Lembek

Selamat malam, Dokter Rifan. Anak saya, Zemar (8 bulan) sepertinya ubun-ubun kepalanya masih berdenyut dan lembek. Apakah itu berbahaya? Soalnya beda dengan anak pertama saya yang menutup lebih cepat. Mohon penjelasan Dokter Rifan. Terima kasih. Riaty Amar – via facebook Ibu Riaty yang baik, ubun-ubun besar bayi biasanya akan terbuka dan akhirnya menutup saat ia mulai berusia 18 bulan. Pada perabaan memang akan terasa lunak dan berdenyut dan hal tersebut adalah wajar. Hal yang perlu diperhatikan adalah bila ubunubun tersebut teraba tegang terus menerus dan tidak mengecil saat ia berusia 2 tahun bahkan apabila teraba makin melebar. Hal ini dapat saja merupakan tanda-tanda peningkatan tekanan di dalam rongga tengkorak, misalnya yang terjadi pada keadaan infeksi otak atau hidrosefalus.

Masa hamil sampai menyusui memang perjuangan yang berat bagi seorang Ibu. Semua waktu dan tenaga dicurahkan untuk sang bayi. Alangkah baiknya jika nanti sudah sekolah dan akan memasuki dunia perkuliahan tentunya dibekali dengan ilmu. Lembaga pelatihan tes masuk universitas luar negeri terbaik adalah pilihan tepat bagi orangtua yang akan memasukkan anaknya ke jenjang selanjutnya.