Simak 5 Tips Ini Untuk Memulai Bisnis di Era Digital

1 min read

Simak 5 Tips Ini Untuk Memulai Bisnis di Era Digital

Setiap orang pasti memiliki keinginan menjadi pemimpin. Tidaklah heran di era digital ini dengan bermodalkan gagasan kreatif dan platform digital Anda bisa mendirikan perusahaan sendiri.

 

Kendati demikian, ada keperluan disampingnya yang harus kita penuhi supaya bisnis berjalan lancar. Apa saja hal itu?

 

Dikutip dari businessinsider.com, inilah 5 tips untuk mengawali bisnis yang diungkap oleh Nicole Rollender, pendiri dan CEO dari Storyteller.

 

  1. Menyewa pelatih bisnis

 

Kendati memiliki banyak pengalaman sebagai eksekutif di suatu perusahaan dan tahu cara menjalankan suatu departemen. Namun, bukan berarti kita tahu bahwa cara menjalankan bisnis khususnya yang menawarkan jasa di bidang kreatif.

 

Sewa lah pelatih bisnis untuk menumbuhkan pola pikir kepemimpinan yang tepat, dan membantu untuk bisa mendapat klien yang tepat dan jenis kegiatan sesuai dengan keahlian.

 

  1. Selalu promosi

 

Memang susah untuk mempromosikan jasa Anda, namun sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa menghentikan pemasaran.

 

Pada titik tertentu, saya memiliki banyak pekerjaan menulis, jadi saya berkata, “Saya tidak punya waktu untuk menerima klien baru, jadi saya bisa menghentikan pemasaran.”

 

Seorang pelatih dengan arif akan menuliskan bahwa Anda harus selalu mencari prospek, sebab hubungan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk kembali menjadi klien yang loyal. Salah satu klien terbesar, pada kenyataannya, memerlukan waktu enam bulan untuk menandatangani kerjasama.

 

Meskipun Anda barangkali tidak mempunyai prospek setiap hari, pasarkan perusahaan kita paling tidak beberapa jam seminggu.

 

  1. Bermitra dengan akuntan yang tepat

 

Sewa lah seorang akuntan virtual yang ramah anggaran. Hal ini bisa menata semua struktur finansial perusahaan dan semua dokumen. Bahkan ini bisa membantu menghitung pajak.

 

  1. Menyewa asisten virtual

 

Asisten virtual menawarkan layanan administrasi contohnya bersangkutan kontrak kerja sama. Bagi seorang solopreneur, asisten virtual menciptakan Anda tidak perlu membuang waktu.

 

  1. Hidup dengan kalender Google

 

Saat beban kerja meningkat, susunan tugas yang ditulis tangan akan terabaikan. Untuk itu gunakanlah kalender Google untuk mengatur semua kegiatan dan kegiatan kinerja Anda.

 

Buatlah pengatur waktu sekitar 25 menit dan konsentrasi pada satu tugas sekitar waktu itu (tidak mengecek email atau media sosial klien). Semakin lama Anda mengerjakan hal itu, maka semakin mudah untuk Anda untuk menciptakan draf blog klien atau masalah yang seringkali memakan waktu lebih lama.

 

Sumber : Growing a Business In a Digital World