Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Membuka File PDF

1 min read

Pernahkah kamu membuka suatu file dokumen yang sebelumnya dibuat di komputer atau laptop milik teman dan sudah dicek tampilan serta tata letak dokumen sudah sesuai. Namun, ketika dibuka melalui laptop yang berbeda, seluruh tampilan menjadi acak-acakan? Jika iya, tentu saja ini sangat merepotkan, karena kamu harus menata ulang kembali teks, gambar, atau media lainnya pada dokumen agar menjadi rapi kembali.

Jika seperti kasus di atas, maka ada baiknya mengetahui jenis file dokumen yang satu ini. PDF merupakan salah satu jenis ekstensi file yang umum digunakan oleh banyak orang. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki file dengan format PDF, salah satunya adalah berfungsi untuk “mengunci” posisi, serta tampilan dari sebuah dokumen. Sehingga apabila dibuka menggunakan komputer yang berbeda, maka tampilan akan tetap sama dan tidak berubah.

Sayangnya untuk dapat membuka file berekstensi PDF, kamu membutuhkan adanya sebuah aplikasi khusus untuk melakukannya. Sebenarnya, kamu bisa saja membuka PDF secara langsung apabila telah menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox dengan versi yang terbaru. Namun, tentunya hanya memiliki fitur yang terbatas, mengingat fungsi utama dari browser bukanlah untuk membuka dokumen.

Oleh karena itu, berikut rekomendasi beberapa aplikasi untuk kebutuhan dokumen PDF yang layak untuk kamu download.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe merupakan salah satu perusahaan besar yang terkenal dengan software-software berkualitas milik mereka. Tidak hanya Photoshop atau pun Adobe Premiere, namun Adobe juga memiliki sebuah aplikasi untuk kebutuhan dokumen, yaitu Adobe Acrobat Reader.

Adobe Acrobat Reader merupakan aplikasi pdf yang paling banyak didownload. Tentu saja ini berkaitan dengan beragam fitur yang ditawarkan. Tidak semata hanya dapat melihat dokumen saja, namun juga dapat melakukan beragam tugas lainnya. Contohnya bagi kamu yang ingin mencari cara kompres pdf agar memiliki ukuran yang lebih kecil, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi ini.

2. Foxit Reader

Jika kamu sedang mencari aplikasi PDF yang nyaman serta mudah digunakan, maka Foxit Reader merupakan jawabannya. Selain itu, Foxit Reader juga dapat langsung kamu download secara gratis. Meskipun gratis, Foxit Reader memiliki beragam fitur yang tidak kalah dengan Adobe Acrobat Reader.

Salah satu fitur yang dimiliki Foxit Reader adalah memungkinkan para penggunanya agar dapat melakukan perubahan pada dokumen PDF. Karena secara bawaan, dokumen PDF tidak dapat diedit secara langsung begitu saja. Namun, membutuhkan fitur tambahan seperti yang dimiliki oleh Foxit Reader. Selain itu, kamu juga dapat melakukan tracking terhadap siapa saja yang telah melakukan perubahan pada file tersebut. Menarik bukan?

3. OfficeSuite

OfficeSuite juga menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk kebutuhan dokumen, tidak hanya PDF saja. Namun, juga untuk beragam format file dokumen lainnya. Tentu saja ini dikarenakan dukungan dari OfficeSuite yang mampu membuka beragam jenis file hanya dengan satu aplikasi saja. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi berbeda untuk tiap dokumennya.

Selain itu, bagi pengguna Android, kamu juga dapat langsung menggunakannya di HP kamu dengan mengunduhnya pada Google Play Store secara gratis. Fitur yang lengkap, mudah digunakan, ringan, dan ditambah dengan dapat didownload secara gratis, yakin tidak tertarik untuk mencoba?

Itu lah tiga rekomendasi aplikasi PDF Terbaik yang dapat memudahkan kamu dalam bekerja. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan dapat pula membaca fitur-fitur yang ditawarkan secara lengkap melalui web resmi tiap aplikasi.