Pulau samalona dan kodingarenkeke , surga di tanah makassar

1 min read

Makassar yang dulu memiliki sebutan Ujung Pandang ini merupakan kota di Sulawesi Selatan. Kota ini memiliki banyak ‘surga tersembunyi’ yang ciamik banget, khususnya dalam aspek wisata bahari. Kini kamu gak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam yang menenangkan tersebut.

 

Bagi anda yang hobi berlibur ke pulau pulau tertentu dengan panorama indah, berikut admin bagikan 2 pulau pilihan terbaik yang penulis ambil dari situs tangankanantravel.com ( berdasarkan pengalaman mbah bedjo )

 

Pulau-pulau kecil makasar yang recommend untu dikunjungi sebenar nya sangat banyak, cuma ada 2 yang wajib di coba :
1. Pulau kodingaren keke
2. Pulau samalona

Untuk menuju pulau ini sih lumayan jauh . berhubung ane dari surabaya ke makasar naek pesawat terbang jadi klo dari bandara makasar ke tempat penyebrangannya/dermaga perahu kecil untuk menyebrang (lokasi sebelah musseum fort rotterdam) ke pulau” indah makasar sekitar 10km. Ane tempuh menggunakan taxi bandara dengan harga 50rb aja


Setelah dari bandara ane nginep nih di hotel yg menurut ane lumayan mewah sih sekitar 500 rebu permalam hmm… sedikit nguras isi dompet siih (maklum nurutin si doi)
Tapii… Sebenarnya banyak kok gan hotel” murah di deket” dermaganya kisaran 250rb yg ane tauu

Setelah menginap semalaman.. trip ane lanjutin bsk paginya sekitar jam 10 pagi ane mulai ke dermaganya dengan jalan kaki saja soalnya deket bgt sama hotel ane. Stelah sampek dermaga ane langsung disambut sama nelayan” yang sudah biasa anterin ke pulau” kecil makasar. Pertama minta harga 600 rb sih trs ane nego cuma bisa turun 100 rb, jadi 500 rb untuk sewa perahunya (oke sih menurut ane soalnya orangnya mau nganterin ke semua pulau itu dengan jangka waktu sampai jam 6 sore, yang menurut anee sangat lama sekali)

 

Setelah ituu ane mulai dianter, sengaja ane request di 2 pulau aja kodingaren dan samalona saja. Menurut bapak nelayannya emg yg paling bagus tuh 2 pulau itu saja.
-Yang pertama pulau yang ane tuju pulau Kodingaren soalnya pantainya sepi tidak ada penduduk sama sekali, cuma terkadang ada nelayan yg mencari ikan tetapi sangat jarang juga. -Yang kedua pulau samalona pulau yg dituju para wisatawan lokal maupun asing untuk melepas penat.