Pola Asuh Anak : 5 Hal yang Wajib dilakukan Saat Mengasuh Anak Autis

1 min read

pola asuh anak

Pola asuh anak autis memang tergolong lebih sulit daripada mengasuh anak yang normal. Para orangtua perlu untuk memberikan perhatian khusus untuk mempelajari pola asuh anak autis agar dapat menangani si kecil dengan baik.

Sebelum mempelajari pola asuh anak autis, kita bahas dulu seperti apa sih anak yang dikatakan autis itu. Secara garis besar ciri-ciri anak yang autis adalah kesulitan dalam berkomunikasi, memiliki gangguan dalam berhubungan sosial, berperilaku menyimpang dari anak normal yang lain, dll. Apabila masih belum yakin dengan presepsi tersebut, kita bisa langsung konsultasi ke dokter apakah anak kita terkena autis atau tidak.

Apabila si kecil sudah didiagnosis postif autis, maka sebagai orangtua harus bersiap akan kondisi yang terjadi dan tentunya mengubah pola asuh anak kita agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa pola asuh anak autis yang wajib diperhatikan oleh para orangtua :

  1. Penuh perhatian dan kasih sayang

Meskipun sikecil sudah mendapatkan pendidikan dari sekolah atau terapi dari dokter, namun orangtua masih memiliki peran yang penting dalam mendidik anak tersebut. Dengan adanya perhatian dan kasih yang yang lebih, akan banyak membantu perkembangan diri si kecil.

  1. Sabar dan pantang menyerah dalam membimbing dan menghadapi

Sabar menghadapi perilaku dan sifat si kecil yang terkadang membuat kita jengkel. Pantang menyerah dalam menghadapi berbagai hal yang dapat menyulitkan kita dalam mengasuh anak.

  1. Melatih komunikasi dengan baik

Anak dengan autis memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan sekitarnya. Untuk menyeimbangkannya orangtua harus melatih komunikasi anak dengan konsisten dan teratur agar anak terbiasa mendapatkan komunikasi yang baik seperti anak pada umumnya.

  1. Memperhatikan kebiasaan kecil yang dilakukan sehari-hari

Kebiasaan kecil seperti pola tidur dan pola makan perlu lebih diperhatikan. Sebagian besar anak autis menderita gangguan pola tidur dan juga memiliki masalah terkait makanan dan dietnya. Sehingga, orangtua perlu mebuat jadwal secara teliti untuk mengatur pola makan dan tidunya.

  1. Jangan menuntut terlalu tinggi

Seperti yang dijelaskan bahwa anak autis berbeda dengan anak normal lainnya. Jangan menyamakan mereka, karena terkadang sesuatu hal yang mudah dilakukan oleh anak yang normal terasa sulit untuk anak autis. Sehingga, sebagai orantua, kita tidak boleh menuntut terlalu tinggi pada anak yang mengidap autis.

Itulah beberapa penjelasan tentang pola asuh anak autis yang baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi para orangtua yang mengalami hal serupa. Tetap semangat dan pantang menyerah.