Perbedaan Antara Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

1 min read

Perbedaan antara monokotil dan dikotil pada tanaman dapat dibagi menjadi dua kelas berdasarkan pada biji yang berada dalam satu potong (monocot) dan yang di potong dalam dua (dikot). Selain perbedaan dalam jumlah benih, kita akan membahas lebih khusus perbedaan monokotil dan dikotil .

Selain biji-biji biji tanaman monokotik dan dikotil dapat dibedakan melalui struktur tanaman ini. Mulai dari akar dengan kelopak bunga, berikut adalah tabel yang membandingkan perbedaan antara monocotri dan dikoton.

Perbedaan Antara Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Keping biji
biji satu dan dua, perbedaan tanaman monokotil dan dikotil dalam biji, perbedaan biji, perbedaan batang, perbedaan

di atas daun
Perbedaan antara kedua jenis tanaman monokotik dan dikotil ini sebenarnya paling mudah terlihat dari biji. Tanaman monokotil adalah tanaman di mana biji merupakan satu bagian dan tidak akan melakukan pembagian biji selama proses perkecambahan. Sedangkan tanaman dikotil adalah tanaman yang memiliki dua biji dan akan mengalami pembelahan benih saat perkecambahan.

Contoh biji monokotil:

Biji jagung
Biji padi
kelapa
Biji Bayam

Contoh biji dikot:
Biji kopi
Biji manga
Biji jeruk
Biji kacang

Perbedaan akar
akar taproot, perbedaan tanaman monokotil dan akar dikotil

Perbedaan selanjutnya antara jenis tanaman Monocotyl dan Dikotil adalah perbedaan akarnya. Tanaman monokotil cenderung memiliki sistem akar tipis dan berserat untuk penyerapan nutrisi. Karena tanaman monokotil umumnya tidak memiliki akar tundung atau kapitata.

Padahal tanaman Dikotil memiliki akar yang kuat dan bercabang untuk menembus ke tanah yang dalam. Penetrasi akar dalam ini memperkuat poho karena umumnya memiliki batang pohon besar.

Batang dan sistem pengangkut

perbedaan dalam monokotil dan dicotyledon monokotil dan dikotil

Berbagai jenis tanaman monokotil dan dikotil dapat dibedakan melalui batangnya dengan mengendalikan lapisan setelah kulit kayu bagian luar pohon. Jika Anda memiliki kambium, tanaman tersebut adalah tanaman dikotil, jika tidak kambium adalah tanaman monokotil.

Apa perubahannya, perubahannya adalah lapisan jaringan merismatik pada tanaman yang sel-sel aktifnya bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tanaman. Umumnya hari jadi akan terasa licin jika disentuh dengan tangan.

Perbedaan antara daun monokotil dan dikotil

jari dan paralel, perbedaan tanaman monokotil dan dikotil dalam daun, perbedaan dalam tanaman dikotil dan monokotil

Tumbuhan monokotil memiliki struktur tulang memanjang atau paralel. Menimbang bahwa tanaman dikotil memiliki struktur daun yang luas atau lebar dan cenderung simetris.

Contoh daun monokotil:
Daun Jagung
Daun Beras
Daun Kelapa

Contoh daun Dikotil:
Daun Mangga
Daun sawo
Daun Kacang

Kelopak bunga
bunga monokotil dicotyledonous, perbedaan tanaman monokotil dan dicotyledon pada kelopak bunga

Berbagai jenis monokotik dan dikotil juga dapat dilihat dari jumlah kelopak bunga. Pada tanaman monokotil, mereka umumnya memiliki kelopak bunga dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Mengingat bahwa tanaman dikotil memiliki kelopak bunga dengan jumlah 2.4.5 dan kelipatannya.

Contoh bunga monokotil:

Bunga anggrek
Sepatu bunga
Contoh bunga Dikotil:

bunga matahari
Bunga geranium
Umumnya tanaman ini dibedakan berdasarkan klasifikasi, tanaman monokotil dalam 5 suku dan dikotil dalam 5 suku.

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan monokotil dan dikotil semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih!

Sumber : https://materibelajar.co.id/