Penjelasan Hadist “Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negri Cina”

1 min read

Penjelasan-Hadist-Tuntutlah-Ilmu-Sampai-Ke-Negri-Cina

Penjelasan-Hadist-Tuntutlah-Ilmu-Sampai-Ke-Negri-Cina

Masyarakat kita sudah sangat familiar dengan hadist (padahal ini hadist dhoif) yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negri cina, ternyata ini adalah hadist lemah atau dhoif, yang dahulu kita anggap ini adalah hadist yang benar datangnya dari Nabi Muhammad Sallalahu Alaihi Wassalam.

Ternyata sekarang dengan banyaknya kajian tentang ilmu diketahui dari penjelasan para ustadz yang ustadz tersebut juga dari ulama lainnya mengatakan bahwa hadist ini tidak bisa di pakai, kenapa tidak bisa di pakai?, jawabannya di bawah ini.

Jangan lupa baca doa belajar sebelum melanjutkan membaca artikel ini, kebiasaan kecil membaca doa sebelum belajar walaupun hanya membaca artikel ini adalah sangat baik dan perlu untuk dibiasakan.

Hadist Ini Dhoif

Bahkan ada ulama yang mengatakan hadist ini adalah hadist palsu, yang mengatakan demikian adalah Ibnu Jauzi Rahimahullah dan ibnu hibban rahimahullah menilai hadist ini hadist lemah, karena di dapati banyak perawi yang tidak terpercaya, dan ada yang di kenal sebagai pendusta, maka kita simpulkan hadist menuntut ilmu sampai ke negri china adalah dhoif.

Karena sudah banyak ulama yang membahas tentang hadist ini dan derajatnya adalah dhoif, walaupun ada beberapa ulama yang mengatakan ada perawi yang bisa di percaya, tapi dalam ilmu hadist persangkaan jelek harus di dahulukan dari pesangkaan baik.

Kalaupun Hadist Ini Hasan

Kalau misalkan hadist ini memang hasan, maka hadist ini bukan menunjukan tentang kemuliaan dari negri china tersebut, karena saat ini ketika melihat perekonomian dan kemajuan dari negri china ada yang mengatakan bahwa negri china adalah negri mulia yang patut kita contoh karena terdapat di dalam hadist Nabi, padahal tidak demikian.

Kalaulah memang hadist ini hasan dan bisa kita pakai maka yang benar adalah, hadist ini tentang motivasi kita dalam menuntut ilmu, dikatakan negri china, karena saat itu kemajuan tidak semodern seperti sekarang dan masyarakat dahulu menganggap bahwa negri china adalah negri yang jauh.

Sehingga untuk memotivasi kita belajar ilmu di ibaratkan dengan menuntut ke negri china. dan inilah kemuliaan dan keutamaan ilmu, karena ilmu ini adalah penting dan sangat di butuhkan oleh kita seorang muslim maka di buatlah perumpamaan tersebut.

HADIST PENTINGNYA ILMU AGAMA

Sudah mahfum kita mengetahui tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan beragama kita, karena dengan ilmu inilah kita bisa mengamalkan agama secara sempurna seperti yang di contohkan oleh baginda Nabi Sallalahu Alaihi Wassalam, dan banyak hadist tentang menuntut ilmu yang menerangkan masalah ini.

Disamping hadist tentang wajibnya kita menuntut ilmu, ternyata banyak lagi hadist yang menerangkan tentang keutamaan dan pahala bagi orang yang menuntut ilmu agama, hadist hadist tentang menuntut ilmu ini selaras dengan motivasi dari hadist dhoif yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negri china diatas.

Kesimpulan Tentang Hadist Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negri China

  • Hadist ini adalah hadist dhoif
  • Jika pun hasan dan bisa di gunakan, maka ini bukan menandakan kemuliaan dari negri china itu sendiri.
  • Perumpamaan ini tidak lain adalah sebagai motivasi untuk kita dalam menuntut ilmu.
  • Tuntutlah ilmu dan raihlah keutamaannya karena banyak hadist shahih yang menerangkan tentang wajibnya dan keutamaan para penuntut ilmu

Demikian semoga kita bisa mengambil pelajaran dari haadits ini, dan jika kita sudah tahu bahwa ini adalah hadits yang dhoif maka jangan kita memakainya lagi, tapi pakailah hadits lainnya yang terbilang sangat banyak dan dengan derajat shahih.