Panduan Cara-Cara Membuat Resensi Buku

3 min read

Setelah memahami definisi dari resensi buku dan tujuan dari resensi buku, bagaimana Anda membuat resensi buku sendiri?

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan resensi buku

Dalam arikel santinorice.com ini akan membahas secara terperinci dan terperinci tentang bagaimana melakukan tinjauan buku bersama dengan masalah terkait seperti; elemen ulasan buku, skema penulisan ulasan buku, bahasa ulasan buku, prinsip ulasan buku dan langkah-langkah tinjauan buku

Dasar-dasar resensi buku

Sebelum meninjau buku, peninjau perlu mengetahui dasar-dasar ulasan, yaitu;

untuk. Auditor sepenuhnya memahami tujuan dari penulis buku ini. Tujuan penulis dapat diketahui dari pengantar atau pengantar buku. Jadi, cari tahu apakah tujuan ini tercapai di semua bagian buku ini.

b. Auditor sepenuhnya menyadari tujuan auditor karena ia sangat menentukan gaya auditor yang akan diterapkan.

c. Peninjau memahami latar belakang sebenarnya dari target audiens: selera, tingkat pendidikan, orang macam apa mereka berasal dan sebagainya. Karena alasan ini, ulasan yang diterbitkan di surat kabar atau majalah tidak sama dengan ulasan yang diterbitkan di surat kabar atau majalah lain.

d. Peninjau memahami karakteristik media cetak yang akan menyertakan ulasan. Masing-masing media cetak memiliki identitas, bahkan dalam visi dan misi.

Jadi, kami akan mencari tahu seperti apa kebijakan dan ulasan yang disukai penerbit. Hasrat editorial ini akan muncul pada frekuensi jenis buku yang diunggah.

Demikian pula, jenis buku yang diterbitkan umumnya sesuai dengan visi dan misinya. Misalnya, majalah sastra tidak menyajikan ulasan buku tentang teknik.

Jenis buku yang perlu diunggah harus berupa buku yang membahas masalah ekonomi. Begitu pula dengan majalah teknik dan filsafat.

Selain itu, peninjau disarankan untuk mengetahui media yang akan dituju, seperti surat kabar (nasional atau regional) dan majalah (ilmiah, ilmiah populer atau hiburan).

Nilai buku

Kegiatan tinjauan buku pada dasarnya terdiri dari evaluasi buku. Mengevaluasi berarti meninjau, mempertimbangkan, mengkritik, dan menunjukkan kelebihan dan kekurangan buku ini dengan tanggung jawab penuh.

Dengan tanggung jawab penuh, itu berarti menyajikan pangkalan atau argumen untuk pendapat Anda dan kriteria yang digunakan untuk membentuk pendapat Anda, serta data yang meyakinkan (menyajikan kutipan yang sesuai dan relevan).

Namun, tujuan evaluasi (organisasi, konten, bahasa dan teknik) seringkali sulit diterapkan secara mekanis. Suatu elemen, seringkali di bawah tekanan yang lebih besar dari elemen lainnya.

Perlu dicatat bahwa suatu elemen tidak boleh digunakan untuk menilai keseluruhan buku.

Nilai-nilai buku akan lebih jelas jika dibandingkan dengan karya-karya serupa, baik yang ditulis oleh penulis sendiri dan yang ditulis oleh penulis lain.

Bahasa rsesnsi buku

Peninjau bahasa biasanya bernas (concise-concise), tegas dan tegas. Pilihan bahasa dari bahasa yang digunakan disesuaikan dengan karakter media cetak yang akan menghubunginya dan dengan karakter pembaca yang akan menjadi target.

Pemilihan karakter linguistik berkaitan erat dengan masalah penulisan presentasi. Misalnya, tulisannya konsisten dengan kalimat, ejaannya benar, tidak panjang (verbose) dan tidak terlalu banyak
garis-garis atau noda.

Selanjutnya, penyajian dokumen ulasan ringkas, ringkas, mudah ditangkap, menarik dan mudah dibaca. Menulis dengan cara yang menarik dan mudah dibaca berarti baik untuk membaca penerbit (penanggung jawab buku alamat) dan pembaca. Kita harus terbiasa membaca resensi dengan memposisikan diri kita sebagai penerbit atau pembaca.

Untuk ini, kami mengambil jarak. Mari kita menjadikan diri kita editor atau pembaca. Dengan cara ini, emosi kita sebagai penulis bisa dihilangkan. Kami akan dapat melihat kekuatan dan kelemahan auditor kami.

Kekuatan resensi buku

untuk. Tidak ada banalitas
Dibandingkan dengan tulisan lain, seperti berita, artikel, dan fitur khusus (fitur), resensi buku lebih tahan lama. Artinya, bahkan jika resensi dikembalikan oleh editor, resensi tetap bisa
dikirim ke media lain.

Demikian pula, buku yang ditinjau tidak boleh menjadi buku yang baru diterbitkan. Kami dapat meninjau buku yang diterbitkan setahun yang lalu, selama buku itu belum pernah diterbitkan di media untuk diskusi. Namun, secara umum buku-buku yang diteliti, buku-buku itu baru diterbitkan.

b. Tambahkan Wawasan
Informasi dari buku ini sangat berguna untuk menambah informasi tentang pemikiran dan penajaman kekuatan kritis. Kita juga dapat menilai apakah buku itu berkualitas atau tidak.

c. Keuntungan Finansial
Jika kami mengulas, kami tidak menerima penghargaan dari redaksi saja, tetapi juga dari penerbit. Jika salinan disarankan dikirim ke penerbit, minimal buku baru yang dapat kita terima (jika penerbit tidak dapat memberi hormat).

Pola penulisan resensi buku

Ada tiga model dalam menulis ulasan buku, yaitu meringkas, menjelaskan dan meninjau.

untuk. Meringkas (sinopsis) berarti menyajikan semua masalah buku secara ringkas dan jelas. Buku biasanya memiliki banyak masalah. Masalah-masalah ini harus dirangkum. Untuk alasan ini, perlu untuk memilih serangkaian masalah yang dianggap penting dan yang ditulis dalam deskripsi bernas.

b. Menggambarkan (deskripsi) berarti mengungkapkan hal-hal yang menonjol dari sinopsis yang telah dibuat. Jika perlu, bagian yang mendukung deskripsi disebutkan.

c. Revisi artinya menyajikan uraian berikut:
– isi deklarasi atau bahan buku yang telah dipadatkan dan diproses dan kemudian ditafsirkan;
– organisasi atau struktur buku;
– lidah;
– kesalahan pencetakan;
– perbandingan (perbandingan) dengan buku-buku serupa, baik karya penulis maupun karya penulis lain;
– evaluasi, termasuk kesan revisi buku, khususnya yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan buku.

Dimungkinkan juga untuk bertukar urutan skema yang merangkum, menggambarkan dan merevisi. Kami dapat meninjau, menjelaskan, dan merangkum dengan segera. Misalnya, mari kita mulai dengan kesan buku, membandingkannya, lalu masuk ke bagian ringkasan.

Selanjutnya, kami memadatkan masalah utama atau bagian terpenting menjadi uraian singkat dan jelas. Karena itu, kita harus menguraikan bagian terpenting sinopsis. Kita juga bisa mulai dari deskripsi, ringkasan, dan revisi.

Namun, salah satu hal terpenting, isi deklarasi dalam buku dimasukkan terlebih dahulu. Dari pemahaman ini, kita akan tahu model mana yang tepat untuk menyajikannya.

Juga, untuk melengkapi pemahaman ulasan buku, baca cara membuat ulasan buku dan contoh resensi buku :

Sumber : contoh resensi buku