Metode Pencucian Springbed Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

1 min read

Metode Pencucian Springbed

Siapa bilang cuci springbed harus pakai jasa binatu? Anda juga bisa mencucinya sendiri di rumah. Asalkan tahu metode pencucian springbed yang benar. Maka dijamin hasil springebed pun tak akan kalah bersihnya.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, springbed bisa Anda cuci sendiri. Tapi caranya bukan seperti saat mencuci pakaian. Ada metode pencuciannya sendiri. Untuk itu, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

baca juga: cuci springbed tangerang

Alat dan Bahan Untuk Mencuci Springbed

Sebelum lanjut ke metode pencucian springbed. Ketahui lebih dulu apa saja yang akan dibutuhkan. Meliputi alat dan bahan yang dipakai nantinya. Nah, sudahkah Anda tahu apa saja itu? Berikut diantaranya:

  • Larutan sabun atau sabun cair
  • Pewangi pakaian atau softener
  • Sikat
  • Spons atau kanebo
  • Kain lap kering
  • Kipas angin atau hair dryer

 

Metode Pencucian Springbed di Rumah

Jika semua alat dan bahan selesai disiapkan. Selanjutnya Anda bisa melakukan proses pembersihan. Bagaimana caranya? Ketahui metodenya berikut ini:

  1. Bersihkan Debu dan Kotoran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan springbed. Singkirkan semua debu dan kotoran yang terdapat diatasnya. Termasuk kain penutup kasur seperti seprai dan selimut. Serta sarung guling dan bantal.

Dalam hal ini, Anda memakai sapu lidi. Dengan memukul-mukulkannya pada springbed. Atau bisa juga gunakan vacuum cleaner.

Langkah ini penting dilakukan di awal. Agar debu dan kotoran nantinya tidak semakin menempel. Membuat springbed semakin susah dibersihkan.

baca juga: laundry kasur tangerang

  1. Sikat Permukaan Springbed

Proses pencucian berikutnya yaitu menyikat permukaan springbed. Caranya bisa menggunakan sikat. Serta air sabun sebagai bahan pembersih.

Celupkan sikat ke dalam larutan air sabun. Lalu gunakan untuk menyikat bagian springbed. Utamakan bagian yang terlihat kotor dan bernoda. Juga bagian lipatan dan jahitan pada springbed.

Pastikan sikat yang digunakan tidak terlalu basah. Agar tidak begitu membasahi springbed. Membuatnya lebih lembap dan lama kering.

  1. Bilas Springbed

Untuk hal ini, jangan kira bisa dengan cara diguyur. Metode pencucian springbed sebisa mungkin tidak dengan air. Karena itulah, jangan sampai mengguyurkan air untuk membilasnya.

Membilas springbed ada caranya sendiri. Yaitu dengan menggunakan spons atau kanebo. Juga campuran air dan pewangi atau softener. Caranya, celupkan spons dalam larutan pewangi. Lalu peras sampai airnya tidak menetes.

Setelah itu, gunakan spons untuk mengelap springbed. Usap-usaplah permukaan springbed hingga sisinya kering. Baru kemudian lap dengan kain kering.

Sebaiknya lakukan pembilasan secara berkala. Jadi, setelah selesai menyikat satu bagian, maka langsung bilas. Jangan menunggu satu kasur selesai disikat.

  1. Keringkan Springbed

Setelah springbed dirasa sudah bersih. Lanjutkan dengan mengeringkannya. Ini bisa dilakukan dengan cara di jemur. Dibiarkan di bawah terik matahari. Atau menggunakan bantuan kipas angin dan hair dryer.

Pastikan springbed benar-benar kering sebelum diangkat. Kalau tidak, siap-siap saja tidur tidak nyaman. Dengan springbed yang lembap dan bau apek.

Jadi bagaimana, mudahkan? Metode pencucian springbed ini pasti bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Mudah dan bersih, tanpa perlu jasa laundry atau cuci springbed.