Mengapa pramuka di Indonesia di peringati setiap tanggal 14 Agustus?

1 min read

Pramuka atau Praja Muda Karana selalu di peringati tiap tahunnya di Indonesia pada tanggal 14 Agustus, biasanya hari pramuka di sekolah akan diperingati dengan cara mengadakan upacara bendera setiap tahunnya.

Kita sudah sangat tidak asing lagi bukan dengan kegiatan pramuka? Pramuka sendiri adalah kegiatan pendidikan nonformal yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan ketangkasan dari diri kita. Jadi jika anda bertanya-tanya mengapa pramuka selalu di peringati saat tanggal 14?

seperti yang dilansir dari RRV Voice Indonesia. Pramuka telah dibentuk semenjak abad 20 serta baru ditetapkan pada 1961 di Indonesia. Gerakan pramuka di Indonesia biasa diiringi oleh para siswa tingkatan SD hingga SMA dengan penggolongan, Sianga, Penggalang serta Penegak.

Sejarah pramuka pasti tidak lepas dengan kedudukan Boden Powell yang diakui bagaikan ayah Pandu sejagat. Ia diketahui bagaikan pemrakarsa gerakan pramuka di abad ke- 20.

Sebaliknya di Indonesia gerakan pramuka malah diinisiasi oleh beberapa organisasi yang sudah dibangun pada masa kemerdekaan yang diperkuat oleh Sumpah Pemuda pada 1928.

Banyaknya organisasi kepanduan Indonesia membuat dibentuklah Persaudaraan Antara Pandu Indonesia( PAPI) pada 23 Mei 1928, yang mewadahi organisasi- organisasi tersebut.

Tetapi pada masa penjajahan Jepang, gerakan kepanduan pernah dilarang buat bediri.

Usai proklamasi kemerdekaan, barulah tokoh kepanduan Indonesia membentuk Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia dengan tujuan pembuatan satu wadah organisasi kepanduan di Indonesia.

setelah itu diselenggarakan Kongres Kesatuan Kepanduan Indonesia pada 27- 29 Desember 1945 di Surakarta yang mengahasilkan terjadinya Pandu Rakyat Indonesia.

Organisasi tersebut diakui pemerintah sebagai salah satunya organisasi kepanduan melalui keputusan Menteri Pembelajaran, Pengajaran serta Kebudayaan pada 1 Februari 1947. Setelah itu pada 1961, Gerakan Pramuka kesimpulannya tercipta dengan latar balik banyaknya organisasi kepanduan di Indonesia.

Pada 14 Agustus 1961 dicoba pelantikan Mapinas( Majelis Pimpinan Nasional), Kwarnas( Kwartir Nasional) serta Kwarnari( Kwartir Nasional Setiap hari) di Istana Negeri di Jakarta, dan penganugerahan Panji- Panji Gerakan Pramuka.

 

Dikala itu Presiden Soekarno mengantarkan anugerah ciri penghargaan serta kehormatan berbentuk Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia yang diserahkan kepada Pimpinan Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Dan akhirnya  setiap 14 Agustus diperingati bagaikan Hari Pramuka di Indonesia. Dikala ini Gerakan Pramuka Indonesia dipandu oleh Budi Waseso yang sempat jadi Kepala Tubuh Narkotika Nasional( BNN).

Anda dapat menemukan baju pramuka serta atribut pramuka lengkap di distropramuka.com