Melihat Segmentasi Pasar Dalam Bisnis Hijab Printing

1 min read

Melihat Segmentasi Pasar Dalam Bisnis Hijab Printing

Melakukan survei di lapangan sebelum melakukan pemasaran produk hijab printing adalah tindakan yang tepat. Ya, sebagai pebisnis print hijab, kita perlu mengetahui seperti apa kompetitor kita saat ‘beraksi’ di lapangan, berapa harga yang ditawarkan, produk seperti apa yang paling laris, motifnya bagaimana, kain apa yang digunakan dan lain sebagainya. Kita perlu mengetahui semua hal itu.

Selain itu, pebisnis print hijab juga perlu mengetahui segmentasi pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pasar berdasarkan kelompok. Berikut segmentasi pasar yang perlu diperhatikan dalam bisnis hijab printing:

  1. Pemasaran Berdasarkan Segmentasi Geografis

Kita harus menentukan lokasi strategis untuk menjual produk hijab printing kita. Tentu, tujuan utamanya adalah agar produk kita laris manis alias diserbu banyak pelanggan.

Setelah berkembang, kita pun dapat menambah cabang toko di lokasi yang berbeda, tentu dengan tetap memerhatikan aspek strategis. Selain itu, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kita dapat melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan online shop, media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp hingga membuat website khusus tentang hijab printing.

  1. Pemasaran Berdasarkan Segmentasi Demografi

Kita juga perlu melihat segmentasi demografi dalam hal pemasaran hijab printing. Tentu, target utama kita adalah wanita muslim atau muslimah. Nah, di sini kita mengetahui ada tingkatan usia target pasar kita, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga tua.

Berdasarkan tingkatan usia ini lah kita juga harus membedakan ukuran dan motif hijab printing. Misalnya untuk anak-anak, kita bubuhkan motif yang lucu dan menyenangkan. Untuk kalangan remaja dan dewasa, kita bubuhkan motif yang ciamik dan elegan. Sementara untuk orang tua, kita ‘tempelkan’ motif yang lebih sederhana.

Perlu diketahui, perkembangan desain hijab printing mengalami perkembangan yang cepat seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, sebagi pebisnis print hijab, kita harus update mengenai informasi perkembangan ini. Tujuannya, agar kita dapat menjajakan produk baru dengan motif baru sehingga dapat semakin menarik perhatian pelanggan.

  1. Pemasaran Berdasarkan Segmentasi Psikologis

Pebisnis print hijab juga harus memerhatikan segmentasi psikologis dalam pemasaran. Segmentasi psikologis ini mengacu pada kepribadian, gaya hidup hingga kelas sosial target pasar kita.

Tentu, dengan mempertimbangkan ketiga aspek psiologis di atas, kita juga harus membedakan motif hijab printing kita. Sebab, wanita dengan kelas sosial menengah ke bawah dan wanita dengan kelas sosial menengah ke atas akan memiliki gaya hidup yang berbeda.

Tidak hanya motif, pebisnis print hijab juga harus memerhatikan bahan yang digunakan, tentu dengan tetap memerhatikan aspek psikologis di atas.

Itulah beberapa segmentasi pasar yang harus diperhatikan oleh pebisnis print hijab. Dengan mengetahui segmentasi pasar, kita dapat melakukan promosi dan penjualan produk hijab printing dengan tepat sasaran.