Manfaat kegiatan pramuka di sekolah

1 min read

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya apasih keuntungan atau manfaat dari Aktivitas Pramuka di sekolah untuk Putra serta Putri Anda?sebelumnya mungkin  kita baca dahulu apa sih Pramuka serta sejarah singkatnya.

Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pembelajaran nonformal yang menyelenggarakan pembelajaran kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata“ Pramuka” ialah singkatan dari Praja Muda Karana, yang mempunyai makna Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Tetapi saat sebelum singkatan ini diresmikan, kata Pramuka asalnya diambil oleh Sultan Hamengkubuwono IX dari kata“ Poromuko” yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Pramuka ialah istilah untuk anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga( 7- 10 tahun), Pramuka Penggalang( 11- 15 tahun), Pramuka Penegak( 16- 20 tahun) serta Pramuka Pandega( 21- 25 tahun). Kelompok anggota yang lain ialah Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir serta Majelis Pembimbing.

Kepramukaan merupakan proses pembelajaran di luar area sekolah serta di luar area keluarga dalam wujud aktivitas menarik, mengasyikkan, sehat, tertib, terencana, instan yang dicoba di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan serta Tata cara Kepramukaan, yang target kesimpulannya pembuatan sifat, akhlak, serta budi pekerti luhur. Kepramukaan merupakan sistem pembelajaran kepanduan yang disesuaikan dengan kondisi, kepentingan, serta pertumbuhan warga, serta bangsa Indonesia.( sumber: https:// id. wikipedia. org/ wiki/ Gerakan_Pramuka_Indonesia)

Nilai Positif yang diambil dari aktivitas Pramuka di sekolah untuk Putra Putri Anda:

  • Menjadikan siswa lebih Mandiri
  • Menjadikan siswa yang Berdisiplin serta memiliki rasa bertanggungjawab
  • Belajar buat lebih dekat dan menyayangi alam serta tidak merusak alam
  • Belajar Berorganisasi serta Bekerja sama
  • Tingkatkan Kepedulian sosial
  • Tingkatkan Keberanian, Kepemimpinan, serta Ketrampilan

Jadi banyak nilai positif yang dapat diambil dari kegiatan pramuka, putra dan putri anda akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran tambahan dari kegiatan pramuka, Anda dapat mencari atribut pramuka di toko seragam pramuka distropramuka.com