Fakta Menarik dari Sphynx, Si Kucing Mahal

1 min read

Kucing Sphynx

Apakah Anda pernah melihat kucing-kucing tanpa bulu yang dimiliki oleh beberapa selebritis Indonesia? Di dalam adhd malta kucing tersebut bernama Sphynx.

Kucing yang berasal dari Kanada ini memang unik karena tidak seperti kucing Persia dan Anggora yang memiliki bulu tebal. Berikut adalah ciri-ciri unik dari kucing Sphynx:

Sejarah Kucing Sphynx

Kucing tanpa bulu diketahui muncul pertama kali di Kanada pada tahun 1960. Namun kucing tanpa bulu pertama tersebut tidak mampu bertahan hidup lama karena memiliki kesehatan yang buruk. 

Hal itu mendorong para peneliti kucing untuk melakukan perkawinan silang antara kucing tanpa bulu dengan ras Devon Rex, dan berhasil melahirkan anak-anak kucing yang memiliki imun tubuh lebih kuat.

Hasil dari persilangan tersebut yang akhirnya dinamai dengan Sphynx. Nama Sphynx diambil dari Patung Sphink di Mesir. 

Ciri-Ciri Kucing Sphynx

  • Bulu

Sekilas kucing Sphynx tidak memiliki bulu sama sekali di sekujur tubuhnya. Namun, jika Anda mengamati dari jarak yang lebih dekat, sebenarnya kucing Sphynx masih memiliki bulu di beberapa bagian tubuhnya. 

Anda bisa menemukan bulu-bulu halus yang pendek di bagian-bagian ekor, telinga, sekitar kelamin, hidung, dan kaki. 

  • Postur tubuh

Ras Sphynx memiliki kaki yang panjang dan ramping. Saat duduk posturnya terlihat gagah dan tegap. 

  • Berat badan

Kucing ini memiliki berat badan berkisar antara 3 hingga 6 kg. Tidak terlalu berat untuk Anda gendong-gendong.   

  • Warna kulit

Jika Anda pernah melihat warna kulit kucing Sphynx mungkin tidak selalu sama antara yang satu dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena memang kucing ini memiliki warna yang bervariasi.

Ada yang memiliki warna dasar krem, hitam, putih, pink, cokelat, lavender, biru, dan cinnamon. Sangat unik, bukan? 

  • Mata

Kucing Sphynx memiliki mata yang lebar dengan sorot mata yang tajam. Hal itu menyebabkan banyak orang saat pertama kali melihatnya akan mengira kucing jenis ini adalah kucing yang galak. 

Namun hal tersebut tidak benar. Kenyataannya kucing Sphynx adalah jenis kucing yang cerdas, ramah dan mudah beradaptasi dan suka berinteraksi dengan orang. Bahkan kucing jenis ini dapat akrab dan bermain dengan anjing. 

Kucing Sphynx memang kucing yang unik dan lain daripada yang lain. Kucing tanpa bulu ini cocok untuk Anda jadikan hewan peliharaan di rumah. Tapi, jangan lupa berikan perawatan yang terbaik, ya!