Inilah Beberapa Jenis Jam Tangan Berdasarkan Tampilan dan Gaya yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membelinya

1 min read

Pada umumnya, banyak orang masih menganggap jam tangan hanya sebagai sebuah aksesoris untuk menunjukkan waktu saja. Atau mungkin Anda adalah salah satu dari mereka dan Anda berpikir bahwa yang Anda butuhkan dalam sebuah jam tangan adalah angka – baik itu yang menggunakan dengan jarum jam atau ditampilkan dalam sebuah layar LCD. Atau juga, Anda hanya mengetahui brand jam tangan seperti jam tangan Casio, Rolex, Daniel Wellington atau yang lainnya. Apabila hal tersebut benar, maka kemungkinan besar, Anda tidak dapat memaksimalkan fitur jam tangan Anda yang luar biasa atau menghargai cara kerjanya yang menakjubkan.

Akan tetapi, setelah Anda memahami berbagai jenis jam tangan yang tersedia di pasaran, maka secara otomatis Anda akan menyadari bahwa sebenarnya, jam tangan yang berbeda memiliki hal yang berbeda untuk ditawarkan.

Untuk mengetahui jenis jam tangan berdasarkan tampilan dan gaya apa saja yang ada di pasaran, berikut adalah ulasannya:

Berdasarkan tampilannya

Tahukan Anda, jika salah satu cara termudah untuk mengategorikan jam tangan adalah dengan melihat tampilannya. Pada dasarnya, itulah yang dapat Anda lihat di pada wajah jam tangan untuk mengidentifikasinya.

  • Jam tangan digital

Jam tangan digital pada umumnya menggunakan layar LCD untuk menampilkan waktu dan informasi lain yang mungkin tersedia pada jam tangan tersebut. Jam tangan ini membutuhkan daya listrik sehingga hanya tersedia pada jam tangan quartz.

  • Jam tangan analog

Jam tangan analog merupakan jenis yang paling banyak ditemui. Jam jenis ini menunjukkan waktu berdasarkan angka yang ditunjuk oleh jarum jam, menit dan detik. Jam tangan jenis ini dapat ditemukan di rumah Anda, di sekolah Anda, dan di hampir setiap infrastruktur publik. Bahkan mungkin tipe yang digunakan orang tua Anda untuk mengajari Anda cara membaca waktu ketika Anda masih kecil.

  • Jam tangan hibrid

Jam tangan jenis ini menggabungkan antara teknologi analog dan digital. Jam tangan hybrid menawarkan lebih banyak fitur pada layar LCD-nya.

  • Jam tangan taktil

Jam tangan yang satu ini dirancang khusus untuk mengetahui waktu bahkan tanpa Anda melihatnya. Pada saat ini, jam tangan taktil memang ditujukan untuk para penyandang tunanetra, akan tetapi, jam tangan ini awalnya dibuat pada tahunl 1800-an sehingga pemiliknya dapat mengetahui waktu bahkan tanpa menarik jam ini dari saku mereka.

  • Jam tangan toucscreen

Jam tangan ini sesuai dengan namanya menggunakan layar sentuh untuk mengoperasikan menu dan fitur yang ada. Salah satu contoh jam tangan touchscreen yang sedang popular saat ini adalah Apple Watch.

Berdasarkan gaya yang dimiliki

Jam tangan dengan kategori ini berkaitan dengan keseluruhan daya tarik visual yang dimilikinya, Apakah jam tangan tersebut digunakan sehari-hari atau untuk pemakaian formal saja? Atau mungkin memiliki daya tarik keseluruhan yang menarik perhatian banyak orang.

  • Jam tangan kasual

Jam tangan jenis ini pada umumnya digunakan sehari-hari dengan tampilan yang tidak terlalu mencolok dan tidak memiliki banyak fitur selain menunjukkan waktu saja. Dengan demikian, jam tangan kasual memiliki harga yang lumayan terjangkau.

  • Jam tangan formal

Jenis jam tangan ini  merupakan kebalikan dari jam tangan casul dan sesuai dengan namannya, jam ini sangat cocok digunakan untuk acara bisnis dan pakaian formal. Pada umumnya, jam tangan casual terlihat sederhana namun memiliki tampilan yang elegan untuk menunjang pakaian para pemakainya. Jam tangan casual tidak terlalu menarik banyak perhatian, tetapi sangat menyenangkan untuk digunakan ketika sebuah jam tangan terlihat cocok dengan sepatu dan ikat pinggang para pemakainya.