Hal Yang Perlu Diingat Saat Melakukan Perawatan Home Care

1 min read

home care

home care

Seiring dengan pertambahan usia, orang – orang akan kesulitan untuk merawat dirinya sendiri secara independen. Dalam banyak kasus, hal ini mengharuskan lansia untuk dipindahkan ke tempat yang menyediakan tempat tinggal dengan fasilitas perawatan yang mereka butuhkan, contohnya saja seperti panti jompo. Namun, banyak orang lanjut usia yang tidak ingin meninggalkan rumah mereka meskipun telah didiagnosis menderita penyakit demensia atau alzheimer. Apabila hal ini terjadi, perawatan home care di rumah menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. 

Jika anda sedang mempertimbangkan melakukan perawatan home care untuk orang tercinta di rumah anda, terdapat beberapa hal yang perlu diingat yang akan membantu memastikan anggota keluarga dapat dirawat dengan sehat, aman, dan bahagia. Memahami faktor – faktor berikut ini dapat membantu anda mengambil keputusan yang tepat untuk orang yang anda cintai. Berikut ini hal – hal yang perlu anda ingat saat melakukan perawatan home care :

 

 

  • Perawat yang berpengalaman

 

Meskipun orang tua anda yang telah lanjut usia bisa mendapatkan perawatan dari pengasuh di rumah, orang yang menyediakan layanan perawatan di rumah harus memenuhi persyaratan untuk dapat melakukannya. Perawatan lansia di rumah membutuhkan lebih dari sekedar pengasuh yang dapat membantu berpakaian, memasak makanan, atau aktivitas harian lainnya. Perawatan yang dilakukan dalam jangka panjang, terutama untuk orang tua, membutuhkan pengetahuan medis untuk memastikan orang yang anda cintai tetap dalam keadaan sehat. 

Perawat home care yang berpengalaman sangat diperlukan, terutama jika orang yang membutuhkan perawatan home care ini memiliki diagnosis kesehatan yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari – harinya. Dari penyakit demensia, alzheimer, hingga penyakit mematikan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Maka dari itu, adanya perawat yang terampil akan memastikan bahwa kebutuhan medis yang diperlukan orang tercinta anda dapat terpenuhi saat mereka di rumah. Hal ini juga mencegah anda menempatkan orang tercinta anda di panti jompo atau fasilitas perawatan akhir hayat untuk dapat memenuhi kebutuhan medis mereka. Sebaliknya, mereka dapat menghabiskan akhir hayat mereka dengan nyaman di rumah mereka sendiri tanpa harus jauh dari keluarga tercinta.

 

 

  • Dibutuhkan kesabaran untuk transisi yang mulus

 

Meskipun perawatan home care ini dilakukan oleh perawat di rumah, perawatan ini membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk dapat memungkinkan terjadinya transisi yang mulus. Orang tua yang lanjut usia telah menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk merawat orang lain. Jadi, diurus oleh orang lain dapat menjadi hal yang tidak nyaman, terutama di rumah mereka sendiri. Apakah orang tercinta anda membutuhkan perawatan untuk menjalani kegiatan sehari – hari atau membutuhkan perawatan medis jangka panjang, setiap orang harus bersabar sampai rutinitas baru dapat terbentuk. Maka dari itu, dibutuhkan waktu untuk orang tercinta anda dapat menyesuaikan diri dengan perawatan home care yang dilakukan.

 

 

  • Setiap orang memiliki solusi yang berbeda – beda

 

Setiap orang berbeda – beda, jadi secara logika dapat disimpulkan bahwa setiap orang membutuhkan jenis layanan perawatan yang berbeda pula. Sementara beberapa lansia hanya membutuhkan perawatan berupa bantuan untuk menjalani kegiatan sehari – hari, yang lain mungkin memerlukan perawatan rumah sakit atau perawatan paliatif yang kompleks dan berfokus pada medis. Untuk itu, produk home care yang diperlukan pun akan berbeda – beda sesuai dengan jenis perawatan home care yang dipilih. Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan pribadi pasien melalui manajer perawatan atau koordinator agen perawatan home care.