Mengenal Beberapa Contoh Alat Bantu Pernafasan

1 min read

contoh alat bantu pernafasan

Manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini membutuhkan oksigen. Semua memiliki sistem sirkulasi oksigen dengan model yang berbeda – beda. Manusia memiliki sebuah sistem pernafasan yang diperankan oleh organ paru – paru. Manusia bernafas dengan menghirup udara bebas di sekitarnya kemudian mengeluarkan karbon dioksida.

Mekanisme ini berjalan normal, namun tidak untuk yang sedang sakit. Khususnya terdapt gangguan pada saluran pernafasannya. Maka pernapasannya dibantu menggunakan alat bantu pernafasan. Berikut ini beberapa contoh alat bantu pernafasan yang digunakan untuk mengatasi atau menolong seseorang yang mengalami gangguan pernafasannya.

Contoh Alat Bantu Pernafasan.

contoh alat bantu pernafasan

# Set Alat Oksigenasi

Apa itu alat oksigenasi ? Yakni beberapa alat kesehatan yang berfungsi dalam satu kesatuan untuk memberikan bantuan oksigen pada pasien yang membutuhkan. Alat ini terdiri dari tabung oksigen, masker oksigen / kanula dan juga regulator oksigen. Alat ini wajib ada di rumah sakit dan klinik di setiap ruangan.

# Ventilator ICU

Pada masa pandemik seperti sekarang ini Ventilator ICU amat sangat dibutuhkan. Pasalnya, bayak pasien yang terkena Covid 19 mengalami gangguan pernafasan yang cukup berat. Oleh sebab itu harus dibantu dengan menggunakan alat Ventilator. Alat ini berfungsi untuk membantu sistem pernafasan manusia, mengganti sebagian atau seluruh fungsi paru – paru.

# Ambubag (Resucitator)

Alat ini juga bisa kita golongkan dalam alat bantu pernafasan. Ambubag adalah alat yang digunakan dalam tindakan RJP atau Resusitasi Jantung Paru. Sebuah pertolongan pertama yang diberikan pada pasien yang mengalami henti jantung atau jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Resucitator atau ambubag membentu memberikan udara masuk ke dalam sistem pernafasan agar suplay oksigen tetap terjaga.

# Oksigen Concentrator

Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan tabung oksigen, yaitu memberikan suplay oksigen pada pasien yang membutuhkan. Namun demikian, oksigen concentrator menghasilkan oksigen dari udara yang berada disekitarnya dengan mengonsentrasikan serta memfilter sehingga didapat oksigen dengan kadar 98%.

# Nebulizer

Nebulizer adalah alat  yang digunakan untuk mengubah obat cair menjadi uap. Hal ini bertujuan untuk mengobati gangguan pernafasan akut secara cepat. Karena obat langsung bisa dihirup dan menuju ke paru – paru. Berbeda denga ketika dikonsumsi secara oral. Butuh waktu kuran lebih 1 jam hingga dapat menuju pada lokasi yang sakit.