Cara Sederhana Membersihkan Jok Mobil Berbahan Vinyl

1 min read

Cara Sederhana Membersihkan Jok Mobi

Cara membersihkan jok mobil sangat bergantung pada bahan jok mobil itu sendiri. Artinya Anda tidak bisa membersihkannya dengan cara atau metode yang sama. Hal ini pun berlaku juga pada jok mobil berbahan vinil. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkannya?

Bagaimanapun juga jok merupakan salah satu bagian mobil yang sering digunakan. Wajar saja jika jog tidak luput dari kotoran. Kotoran tersebut bisa berupa debu, bekas makanan, atau noda lain yang membuat jok kotor dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Jika jok mobil bernoda, sudah pasti akan mengurangi kenyamanan berkendara. Jika tidak segera dibersihkan, tumpahan kotoran tersebut akan semakin awet, menempel, dan membuat jok mobil menimbulkan bau tidak sedap. Namun yang perlu diingat juga adalah pembersihan jok mobil tidak bisa dilakukan asal-asalan.

baca juga: cuci jok mobil tangerang

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Setiap bahan jok mobil memiliki cara berbeda saat dibersihkan. Termasuk juga jok mobil berbahan vinil. Tujuannya tidak lain agar supaya jog tetap terawat dengan baik. Selain itu sudah pasti agar jok bisa bersih dengan sempurna.

Sebelum melakukan pembersihan jok berbahan vinil, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa bahan tersebut adalah vacuum cleaner, cairan pembersih, kain lembut, atau sikat gigi bayi.

Pemilihan sikat gigi bayi di sini bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan sikat gigi bayi memiliki permukaan yang lembut. Tujuannya agar permukaan jok mobil tidak rusak saat digunakan untuk menggosok noda pada jok.

Setelah itu gunakan vacuum cleaner terlebih dahulu untuk mengangkat debu dan partikel-partikel kotoran. Tujuannya agar saat jok mobil disemprot cairan pembersih, debu tidak menempel pada permukaan jok.

kunjungi juga: jasa cuci jok mobil tangerang

Langkah Membersihkan Jok Mobil Berbahan Vinil

Merawat kebersihan interior mobil merupakan salah satu cara untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara. Dan salah satu bagian yang penting untuk dirawat adalah bagian jok mobil. Sebab semakin Anda membiarkan jok kotor, lama kelamaan kotoran akan semakin menumpuk. Sehingga yang terjadi kemudian adalah akan sulit dibersihkan.

Maka dari itu, pembersihan jok mobil secara teratur merupakan kewajiban penggunanya. Nah, sebelum memulai pembersihan jok, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu apa bahan pembuatan jok pada mobil. Tujuannya agar Anda bisa melakukan perawatan yang tepat terhadap jok tersebut. Bagaimana jika jok mobil berbahan vinil?

Jok berbahan vinil ini didesain untuk pengguna mobil yang sibuk serta jarang memiliki waktu membersihkan mobil. Hal ini disebabkan bahan vinil ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Dan dari segi pembersihannya pun bisa dikatakan amat mudah serta membutuhkan waktu lama.

Jika ada kotoran pada jok vinil, nodanya tidak akan menempel. Biasanya pun akan luntur dengan sendirinya. Cara membersihkannya cukup dengan menyemprotkan penyemprot kaca. Selain itu Anda pun bisa menggunakan air yang dicampur dengan baking soda.

Setelah itu seka lalu lap menggunakan kain atau handuk yang lembut. Umumnya noda dan kotoran akan langsung hilang. jok mobil pun akan langsung bersih kembali. Jadi sesimpel itulah cara membersihkan jok mobil berbahan vinyl atau vinil.