Cara Menuju ke Kepulauan Whitsunday

1 min read

Apabila Anda sedang berlibur di Australia, baik itu mengikuti paket wisata ke luar negeri atau solo traveling, maka Anda wajib mengunjungi Kepulauan Whitsunday. Ini karena, kepulauan ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan serta banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan.

Apabila Anda tertarik, maka berikut adalah beberapa cara menuju ke Kepulauan Whitsunday yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Menggunakan pesawat

Jika Anda bepergian ke Whitsundays dari luar negeri, terbanglah ke Brisbane, Cairns, Sydney atau Melbourne, lalu pesan penerbangan domestik ke salah satu dari dua bandara di Whitsundays. Brisbane, ibu kota Queensland, menawarkan berbagai penerbangan penghubung terbaik ke wilayah tersebut. Dua bandara berikut melayani Whitsundays setiap hari:

Bandara Great Barrier Reef, Pulau Hamilton (HTI)

Terletak di Pulau Hamilton, bandara ini dilayani oleh Virgin Australia, Jetstar, dan Qantas Link dengan penerbangan harian dari Cairns, Brisbane, Sydney, Melbourne, dan titik koneksi lainnya. Cruise Whitsundays mengoperasikan feri dari Pulau Hamilton untuk mentransfer penumpang ke Pantai Airlie di Pantai Whitsunday dan resor pulau lainnya.

Bandara Whitsunday Coast, Proserpine (PPP)

Bandara Whitsunday Coast terletak di dekat Proserpine, sekitar 25 menit ke Pantai Airlie. Bandara saat ini dilayani oleh tiga maskapai penerbangan domestik Virgin Australia, Jetstar, dan Alliance Airlines. Virgin Australia dan Jetstar menawarkan penerbangan harian dari Brisbane dan penerbangan lanjutan dari kota lain. Alliance Airlines menyediakan layanan langsung dari Brisbane tiga kali seminggu. Bus dan taksi memenuhi setiap penerbangan untuk mengantar tamu ke Pantai Airlie, atau ke kapal feri ke resor pulau. Penyewaan mobil dan limusin juga tersedia di bandara.

Perkiraan Durasi Penerbangan

  • Cairns ke Pulau Hamilton – 1 ½ jam
  • Brisbane ke Whitsunday Coast – 1 ½ jam
  • Brisbane ke Pulau Hamilton – 1 ½ jam
  • Sydney ke Pantai Whitsunday – 2 jam
  • Sydney ke Pulau Hamilton – 2 jam
  • Melbourne ke Pulau Hamilton – 3 jam

2. Menggunakan mobil

Bruce Highway adalah jalan raya utama yang menghubungkan kota-kota pesisir Queensland. Bruce Highway berjalan melalui Proserpine dan Bowen, dengan pantai Airlie  terletak sekitar 20 menit berkendara dari Bruce Highway di Proserpine. Ikuti saja rambu ke Pantai Airlie dan Kepulauan Whitsunday di sepanjang Shute Harbour Road.

Operator bus nasional utama seperti Greyhound Australia, Premier dan Oz Experience, memasukkan Whitsundays dalam layanan terjadwal reguler mereka ke dalam komunitas pesisir Pantai Airlie dari semua pusat utama di sepanjang pantai timur Australia.

3. Menggunakan kereta

Layanan Queensland Rail termasuk Spirit of Queensland, menghubungkan Proserpine ke semua tujuan utama dari Cairns ke Brisbane dan seterusnya ke Sydney dan Melbourne. Taksi dan bus Whitsunday Transit memenuhi setiap kereta yang tiba untuk menyediakan transfer dari Proserpine ke Pantai Airlie, Shute Harbour, dan resor pulau. Transfer bus antara Proserpine dan Airlie Beach juga termasuk dalam tiket perjalanan kereta api.