Cara Menghilangkan Bau Bahan Kimia Dari Meat Grinder Yang Baru Dibeli

1 min read

Mesin penggiling daging atau disebut dengan meat grinder adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggiling bahan makanan terutama daging. Walaupun disebut meat grinder atau mesin penggiling daging, alat ini juga bisa menggiling jenis bahan makanan lainnya. Jenis bahan makanan yang juga bisa digiling dengan menggunakan meat grinder biasanya berupa jenis kacang-kacangan atau sayuran.

Meat grinder atau mesin penggiling daging sendiri biasanya mempunyai dua jenis yaitu mesin penggiling manual dan mesin penggiling otomatis. Kedua jenis tersebut umum ditemukan di berbagai tempat pengolahan daging maupun berbagai tempat makanan yang menjual olahan daging. Alat penggiling daging seperti meat grinder baik manual atau otomatis bisa dibeli dengan mudah di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Sebagaimana umumnya mesin yang baru dibeli, terkadang ketika sampai mesin masih dalam keadaan terbungkus dengan rapi. Lalu saat dibuka kemasannya, seringkali mesin akan mengeluarkan semacam bau bahan kimia pada mesin tersebut saat dibuka dari kemasan. Hal tersebut juga seringkali ada pada mesin meat grinder yang baru saja dibuka dari kemasannya dimana terdapat bau bahan kimia.

Bau tersebut biasanya cukup mengganggu sehingga perlu dihilangkan terutama ketika akan digunakan untuk menggiling bahan makanan seperti daging. Untuk menghilangkan bau kimia dari mesin tersebut, terkadang beberapa orang hanya menyiramnya dan membersihkannya cukup dengan air. Tetapi sebenarnya, ada cara khusus untuk menghilangkan bau kimia dari mesin meat grinder yang baru dibeli tersebut.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau bahan kimia dari meat grinder yang baru dibeli:

Basahi dengan air bersih

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk menghilangkan bau pada mesin meat grinder yang baru dibeli adalah dengan membasahinya. Basahi seluruh bagian mesin jika menggunakan jenis manual atau bagian yang boleh terkena air untuk jenis meat grinder otomatis. Untuk jenis meat grinder otomatis, pisahkan terlebih dahulu bagian yang boleh terkena air dengan bagian yang tidak boleh terkena air.

Siapkan air hangat dan sabun lalu campurkan

Kedua, siapkan air hangat dan sabun untuk digunakan sebagai penghilang bau kimia pada mesin meat grinder yang baru. Siapkan pula wadah dan campurkan sabun dengan air panas yang sudah disiapkan sebelumnya di dalam wadah tersebut. Setelahnya campurkan dan diamkan campuran tersebut di dalam wadah selama beberapa saat hingga campuran sedikit hangat.

Rendam grinder dalam wadah

Ketiga, rendamlah grinder ke dalam wadah atau rendam bagian-bagian grinder elektrik yang bisa direndam di dalam wadah tersebut. Biarkan bagian-bagian dari meat grinder terendam di dalam wadah selama beberapa saat hingga larutan sabun tersebut menjadi dingin. Saat suhu larutan sudah mulai turun, gosok-gosok seluruh bagian meat grinder dengan sikat halus dengan lembut.

Angkat dan bilas meat grinder dengan air bersih

Keempat, setelah merendam meat grinder di campuran air hangat dan sabun, selanjutnya angkat dan pindahkan meat grinder ke tempat lain. Bilaslah meat grinder yang sudah diangkat dengan menggunakan air bersih dan bilas secara menyeluruh ke semua bagian. Bilas meat grinder beberapa kali hingga dirasa benar-benar bersih dan sisa sabun hilang dari semua bagian meat grinder tersebut.

Keringkan meat grinder dengan menggunakan kain kering

Terakhir, ketika telah selesai proses pembilasan, keringkan meat grinder yang sudah dibilas tersebut menggunakan kain kering. Lap semua bagian meat grinder dengan menggunakan kain kering dan pastikan lap secara menyeluruh hingga semua bagian mengering. Untuk meat grinder elektrik atau otomatis, setelah dilap hingga kering, pasang kembali meat grinder seperti semula.