Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau

1 min read

Cara mencuci karpet

Cara mencuci karpet agar tidak bau belum banyak diketahui oleh masyarakat awam. Hal ini mengakibatkan ketika kita mencuci karpet sendiri, seringkali hasilnya karpet justru bau apek dan kurang sedap. Lantas bagaimana cara mencuci karpet yang tepat dan tidak bau apek?

Perlu dipahami bahwa bau apek atau tidak sedap pada karpet adalah hasil dari penguraian bahan organik yang masih tersisa dalam karpet. Bahan organik ini bisa berupa debu dan kotoran, serta sisa detergen yang kurang bersih dari pembilasan.

Penguraian bahan organik tesebut dilakukan oleh mikroorganisme, bisa berupa bakteri, jamur, atau mikroorganimse lainnya. Dalam penguraian tersebut, kemudian dihasilkan gas-gas amonia.

baca juga: cuci karpet masjid bandung

Cara Mencuci Karpet Agar Tidak Bau dan Tidak Nyaman

Berikut ini cara mencuci ambal agar tidak bau, sehingga nyaman untuk digunakan:

Mencuci Karpet dengan Air Bersih

Sebelum dicuci menggunakan detergen dan bahan-bahan lain, bersihkan karpet dari debu dan kotoran dengan menggunakan air yang banyak. Selain menjadikan air meresap ke dalam karpet, kotoran juga akan terendam sehingga mudah terlepas dari karpet.

Mencuci Karpet dengan Detergen

Kemudian, siram dengan air detergen dan sikat menggunakan sikat yang lembut untuk melepaskan kotoran-kotoran membandel. Karpet yang telah diberi air detergen bisa segera dibilas dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang tersisa.

Tanda karpet bersih dari sabun adalah tetesan air dari karpet yang tidak lagi bewarna putih atau berbusa.

baca juga: cuci jok mobil di bandung

Menambahkan Kaporit

Campurkan kaporit dengan air secukupnya saja, kemudian siramkan pada karpet. Sikat dengan lembut agar kaporit mengikat sabun dan kotoran yang tersisa. Setelah merata, bilas kembali dengan air mengalir sampai bersih dan keringkan di tempat terbuka hingga benar-benar kering.

Tips Cuci Karpet Agar Tidak Bau Apek dan Kurang Sedap

Beberapa tips untuk mencuci karet agar tidak bau apek di antaranya adalah Anda harus mencuci karpet hingga benar-benar bersih dari sabun dan sisa kotoran. Selain itu, setelah dicuci, keringkan karpet di tempat yang terbuka dengan panas matahari yang maksimal.

Dengan demikian, karpet benar-benar kering dan tidak lembap, sehingga tidak menimbulkan bau. Selain cara cuci karpet di atas, tips lain yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan vacuum cleaner agar debu dan kotoran hilang, serta menambahkan pengharum karpet khusus.