Cara Memelihara Bunga Mawar Agar Tahan Lama Berkembang

2 min read

Banyak  bunga mawar ditawarkan atau di jual untuk di kirim melalui toko bunga papan 24 jam di Jakarta. Mawar salah satu tipe tanaman semak dari famili Rosaceae. Kata rosa sendiri datang dari bahasa Latin yang ini berarti bunga mawar. Tanaman ini mempunyai bermacam warna, dari yang paling diketahui yakni mawar merah, kuning, putih, merah muda, sampai yang jarang-jarang diketahui seperti mawar berwarna ungu.

Dengan keindahannya bunga mawar bukan hanya jadikan untuk simbol cinta dia adalah tanaman favorite beberapa orang. Tipe tanaman ini gampang ditanam dimanapun.

1. Tehnik Penyiraman yang Baik
Langkah menjaga bunga mawar yang penting ialah proses penyiraman. Kecuali adalah sumber keperluan penting buat proses biologis tumbuhan, penyiraman bertindak penting untuk percepat larutnya faktor hara yang akan diserap oleh akar mawar dan mengendalikan keadaan udara seputar.

Seharusnya kegiatan rutin penyiraman dilaksanakan 2x satu hari, yaitu pagi di antara jam 7-9 serta sore hari di antara jam 4-6. Jumlahnya air yang dikocorkan tergantung di tingkat kebasahan tanah dan usia tanaman mawar itu. Waktu musim hujan, pekerjaan penyiraman seharusnya sesuai dengan kondisi.

2. Rajin Memotong Tangkai serta Daun
Kecuali langkah menyirami mawar yang benar, langkah menjaga bunga mawar seperti, memotong daun serta tangkai itu penting juga. Kenyataannya beberapa orang menyalahkan tanaman mawar kepunyaannya tidak bertumbuh secara baik tetapi tidak mengerti jika belum lakukan pemotongan dengan cara teratur.

Tanaman bunga mawar yang kebanyakan dahan, ranting serta daun umumnya perkembangan bunganya bertambah telat atau cuma berbunga sedikit saja. Sebab hasil fotosintesisnya cuma dipakai untuk perkembangan dahan ranting serta daunya saja, hingga perkembangan mawarnya jadi terhalang. Oleh akrena itu, kamu selalu harus rajin lakukan pemotongan minimum 2 minggu sekali.

3. Memberi Pupuk
Langkah menjaga bunga mawar setelah itu adalah memberikan pupuk. Arah dari pemberian pupuk untuk memberikan tambahan beberapa unsur supaya tanaman makin subur. Pupuk yang dianjurkan untuk tanaman ini ialah pupuk kendang yang datang dari kotoran hewan. Umumnya, kotoran yang digunakan datang dari sapi serta kambing.

Kecuali pupuk kendang, kamu dapat juga memberi pupuk kimia seperti NPK yang memiliki kandungan nitrogen untuk perkembangan vegetative seperti daun, fosfor untuk perkembangan akar, serta kalium untuk menolong pembungaan serta pembuahan.

4. Intensif Cahaya Matahari yang Cukup
Sama juga dengan tanaman yang lain tanaman mawar memerlukan cahaya matahari untuk lakukan fotosintesis yang berperan untuk membuahkan zat makanan buat tanaman. Waktu yan paling dianjurkan untuk menjemur tanaman ini ialah pada pukul 6-10 pagi

Biasanya buat petani yang membudidayakan tanaman ini umumnya menempatkan jarring-jaring di atas tanaman ini supaya intensif sinar matahari yang diterima khususnya di saat siang hari tidak banyak. Langkah menjaga bunga mawar yang satu ini penting serta harus dilaksanakan, lho.

5. Pengaturan Gulma
Agar bunga mawar kamu cepat berbunga, karena itu kamu selalu harus mengatur gulma yang tumbuh pada media tanaman itu dengan cara teratur tidak cuma kadang-kadang. Semua rumput-rumput pengganggu harus rajin untuk dibikin bersih, bila tidak dicabut akan mengganggu proses perkembangan bunga mawar.

Sebelum kamu mengawali langkah menjaga bunga mawar dengan pemupukan seharusnya yakinkan terlebih dulu jika bunga mawar kamu telah bersih dari gulma hingga pupuk serta nutrisi yang diberi akan menghisap lebih baik pada akar mawar.

6. Pengaturan Hama serta Penyakit
Langkah menjaga bunga mawar yang benar, belum pernah terlepas dari bagaimana kita dapat lakukan pengaturan hama serta penyakit dengan cara efisien. Sebab terdapat beberapa bermacam tipe hama serta penyakit yang membidik tanaman mawar. Umum, hama bisa berbentuk ulat daun yang mengakibatkan dedaunan jadi compang-camping. Hama ini dapat dibasmi dengan menyemprotkan insektisida atau toksin serangga.

Kecuali sebab hama ulat, tanaman mawar seringkali rusak sebab jamur hingga ini perlu ditangani dengan lakukan penyemprotan fungisida. Tanda-tandanya dapat berbentuk bercak daun, busuk bunga, karat daun serta tepung mildew atau susunan putih pada permukaan daun.

Disamping itu, gempuran dapat juga datang dari bakteri pemicu bengkak pangkal tangkai hingga perlu penyemprotan bakterisida.