Berbagai Macam Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1 min read

Makanan Sehat Ibu Menyusui Yang Dapat Meningkatkan produksi ASI

Pada perkembangan dan juga kesehatan bayi dalam kandungan ini sangat bergantung pada nutrisi yang bunda konsumsi ketika hamil. Cermati dalam memilih makanan sehat bagi bunda yang sedang mengalami masa kehamilan agar janin tetap aktif dan sehat.

 

Ketika sedang mengandung, sebenarnya bunda tidak perlu makan dalam porsi banyak seolah-olah untuk dua orang. Namun dalam faktanya, bunda hanya perlu membutuhkan asupan kalori sebanyak 300 yaitu dengan buah pisang dan semangkok seela dengan tambahan susu rendah lemak.

 

Tetapi, tentu penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi dari berbagai jenis makanan yang berbeda. Contohnya dengan asam folat berperan untuk menghindarkan kecacatan dari bawaan, kalsium dan protein sebagai pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi, serta zat besi untuk membantu sel-sel darah merah sebagai pembawa oksigen pada janin.

 

Berikut di bawah adaalah kelompok makanan dan juga minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi, beserta dengan manfaatnya:

 

 

  • Air

 

Banyak minum air bisa mencegah bayi dari lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan juga infeksi kandung kemih. Dalam masa kehamilan, bunda dianjurkan mengonsumsi kurang lebih 2.5 liter mungkin setara dengan 10 gelas air dalam sehari. 

 

Cairan ini bisa didapat dari makanan buah-buahan seperti minuman dengan kadar air yang tinggi seperti jus, atau susu. Perlu diperhatikan dalam beberapa minuman yang ringan mengandung kadar gula tinggi yang bisa menjadikan hipertensi bahkan obesitas.

 

 

  • Sayur dan buah

 

Buah dan sayur merupakan komponen utama dari pola makan sehat untuk bunda yang sedang mengalami masa kehamilan. Dianjurkan untuk makan setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap harinya guna mendapatkan aneka mineral, vitamin, dan serat agar terhindar dari berbagai penyakit salah satunya virus difteri . Sayuran hijau seperti kale dan bayam di dalamnya mengandung vitamin A, C, K, dan asam folat yang berguna untuk kesehatan mata.

 

 

  • Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

 

Dari kelompok makanan yang kaya dengan kandungan protein juga penting untuk pertumbuhan bagi janin, terutama pada awal trimester kedua bahkan ketiga dalam masa kandungan. 

 

Dalam telur, mengandung kolin yang berguna untuk perkembangan otak dan tubuh janin, serta bisa membantu dalam mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sementara, dari ikan salmon kaya akan unsur omega 3 yang sangat baik untuk menjaga mood untuk bunda sekaligus untuk membantu perkembangan janin.

 

Meskipun demikian, dalam menghindari paparan dari merkuri, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam seminggu. Selain itu, daging berupa tanpa lemak merupakan sumber yang mengandung protein berkualitas tinggi. Namun hindari daging berupa olahan seperti sosis yang mungkin bisa terjadi mengandung bakteri bahkan parasit.

 

 

  • Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan membantu untuk mencukupi kebutuhan serat bagi ibu hamil, sehingga bisa mencegah dari konstipasi dan hemoroid atau wasir.

 

Di samping itu, bunda yang sedang mengalami masa kehamilan mungkin mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes, gestasional, maka dianjurkan untuk berkonsultasi serta menuruti pantangan dari saran dokter dalam makanan yang sesuai untuk dikonsumsi.