Beberapa Pilihan Pondasi utk Rumah 2 Lantai

2 min read

beberapa-pilihan-pondasi-untuk-rumah-2-lantai

Pada halaman Beberapa Pilihan Pondasi untuk Rumah 2 lantai ini kami sengaja ingin memberikan sedikit penjelasan dan pilihan kepada sobat semua mengenai pondasi apa yang sebaiknya dipilih saat membangun rumah berlantai dua atau lebih. Karena walaupun pondasi merupakan bagian dari struktur bangunan dan tidak terlihat karena berada di dalam tanah tetapi keberadaannya sangat lah penting karena struktur pondasi lah yang meneruskan beban ke tanah keras dan menopang berat bangunan yang ada diatasnya agar tetap berdiri kokoh walaupun bangunan diatasnya sangatlah berat.

Memilih jenis dan tipe pondasi yang tepat diawal perencanaan pembangunan rumah sangatlah penting karena pondasi untuk rumah berlantai 1, berlantai 2 dan seterusnya tentunya akan berbeda. Perbedaan itu didasarkan pada beban dan berat bangunan yang akan dibangun nantinya.

Kesalahan pemilihan pondasi bisa berakibat pada retaknya dinding pada bangunan, lebih parahnya lagi bahkan dapat merobohkan bangunan karena tidak kuat menahan beban bangunan. Jangan sampai hal tsb terjadi ya..karena bisa membahayakan jiwa keluarga kita yang berada di dalamnya.

Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan dan menjadi pertimbangan saat memilih pondasi untuk rumah berlantai 2.

beberapa-pilihan-pondasi-untuk-rumah-2-lantai

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Pondasi utk Rumah Berlantai 2

  • Jenis tanah.

Jika jenis tanah pada lingkungan sekitar bangunan berjenis keras maka untuk menghemat anggaran sobat bisa pilih pondasi dg ukuran yang lebih kecil. Namun jika tanah di area sekitar bangunan termasuk empuk / lunak maka gunakan pondasi cakar ayam atau pondasi yang bertapak lebar untuk mencengkram tanah. Gunakan jasa sondir tanah terpercaya yang akan menguji seperti apa keadaan tanah di lokasi Anda sebelum dibangunan bangunan diatasnya.

  • Design bangunan

Jika design rumah memakai jenis material yang berat maka gunakan pondasi yang bertapak lebar.

  • Umur bangunan rumah

Jika ingin mendapatkan bangunan yang berumur lama atau awet maka gunakan material pembentuk pondasi yang berkualitas baik, tidak mudah berkarat, keropos dan lapuk.

  • Kondisi lain

Sesuaikan pemilihan pondasi dengan kondisi lain di sekitar bangunan yang mungkin mempengaruhi, spt berada di tanah bekas rawa, persawahan atau berada di tanah yang berlereng.

Jenis jenis pondasi yang bisa menjadi pilihan

1. Pondasi batu kali

Pondasi batu kali merupakan pondasi yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk pembangunan rumah baik yang berlantai 1 maupun berlantai 2 dengan kedalaman pondasi sekitar 60 s.d 80 cm dari permukaan tanah. Namun kekurangan pondasi ini jika kondisi tanah disekitarnya cenderung lunak sering terjadi penurunan pondasi sehingga berpengaruh pada keretakan dinding.

2. Pondasi foot plat

Pondasi yang sering disalahartikan dengan pondasi cakar ayam oleh para tukang bangunan ini dibuat menerus dengan kolom dan alasnya berupa plat beton bertulang besi.

3. Pondasi tiang pancang

Merupakan pondasi yang meneruskan beban bangunan kedalam lapisan tanah keras yang keberadaannya jauh dari permukaan tanah. Pondasi yang berbentuk paku tsb ditancapkan ke dalam tanah dengan cara di pukul ataupun di dongkrak dg teknologi hydraulic. Pondasi ini cocok digunakan pada bangunan besar & tinggi.

4. Pondasi cakar ayam

Pondasi cakar ayam dan pondasi foot plate adalah dua jenis pondasi yang umum digunakan orang karena biaya pembuatannya relative ekonomis.

5. Pondasi strauss pile

Pondasi strauss pile meneruskan beban dan gaya yang terjadi pada bangunan seutuhnya melewati tanah lunak yang berada di permukaan tanah ke lapisan tanah keras di bawah permukaan tanah. Struktur pondasi ini dibuat dengan cara mengebor tanah dengan diameter kecil 10 – 20 cm dan kedalaman s.d 2 – 3 meter sampai ketemu tanah keras, dipasang tulangan besi baru kemudian di cor menggunakan adukan beton. Pengeboran dilakukan dengan cara manual.

6. Pondasi Bore Pile

Pondasi bore pile sama seperti strauss pile, yaitu meneruskan beban dan gaya yang terjadi pada bangunan seutuhnya melewati tanah lunak yang berada di permukaan tanah ke lapisan tanah keras di bawah permukaan tanah. Struktur pondasi ini dibuat dengan cara mengebor tanah dengan diameter besar 20 – 60 cm dan kedalaman s.d 12 – 15 meter sampai ketemu tanah keras, dipasang tulangan besi baru kemudian di cor menggunakan adukan beton. Gunakan penyedia jasa bore pile murah karena pengeboran yang dilakukan menggunakan mesin mini crane.

Dengan memahami Beberapa Pilihan Pondasi untuk Rumah 2 Lantai ini sobat dapat memilih jenis pondasi yang tepat untuk rumah yang akan dibangun.