Bandung Kota Berbasis Teknologi di Indonesia

1 min read

Bandung Kota Berbasis Teknologi di Indonesia – Sebagai rumah dari Institut Teknologi Bandung (ITB), institut teknologi terbaik di Indonesia, tak mengherankan jika teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan besar di kehidupan penduduk Bandung. Walikota Bandung, Ridwan Kamil, memutuskan untuk naik level dengan membangun Teknopolis untuk memastikan Bandung sebagai kota teknologi nomor satu di Tanah Air.

Dengan 80% populasinya memiliki setidaknya satu akun sosial media, sebuah rekor di Indonesia, teknologi bukan hal yang asing bagi para penduduk Bandung. Walikota Ridwan Kamil melihat perkembangan ini sebagai sebuah kesempatan untuk menambah nilai baru kota Bandung. Tak hanya membangun area perumahan, Bandung juga mencoba menarik perhatian para pengusaha, pelaku industri kreatif, serta perusahaan asing, untuk berinvestasi di Bandung lewat Teknopolis, sebuah area pusat teknologi informasi IDN poker dan komunikasi (ICT) lokal.

Teknopolis akan menjadi platform yang menunjang kolaborasi antara akademik, investor, dan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dan informasi teknologi. Ridwan Kamil mengatakan bahwa saat proyek ini selesai, Indonesia akan mempunyai Silicon Valley-nya sendiri. Terletak di lahan seluas 800 hektar di Gedebage, Bandung Timur, Teknopolis akan menjadi kompleks terintegrasi di mana orang tinggal, bekerja dan berekreasi, sehingga tidak perlu bepergian ke daerah lain dan mengurangi kemacetan di Bandung. Beberapa transportasi pendukung seperti monorail, kereta komuter dan bis umum akan dibangun untuk melayani dan mengakomodir penduduk di daerah ini.

Gedung-gedung pemerintahan nantinya akan dipindahkan ke daerah ini sehingga Bandung Tengah bisa difokuskan sebagai pusat hiburan dan atraksi turis. Bandung Teknopolis ini didukung oleh pemerintah pusat melalui program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang diimplementasikan oleh pemerintahan SBY sebelumnya. Selain dari pemerintah pusat dan APBD, pendanaan Teknopolis juga akan melibatkan investor. Investor dari beberapa negara asing telah menunjukan ketertarikan mereka untuk ikut terlibat di dalam proyek ini perusahaan UTC Aerospace System asal Amerika kabarnya akan berinvestasi sebesar 800 Juta USD (9 Triliun Rupiah).

Tim inti pembangunan Teknopolis juga sempat mengunjungi Korea Selatan untuk memenuhi undangan dari Bank Dunia dalam pendanaan proyek ini. Hasilnya? Kesepakatan tiga perusahaan asing, yang berasal dari Amerika, China, dan Prancis, untuk berinvestasi Rp 1 triliun. Bandung Teknopolis telah memiliki semua hal yang bisa menjadikan proyek ini sukses dan mendorong startup teknologi di Indonesia ke tahap selanjutnya. Dimulai pada April 2015, dengan Presiden Jokowi diharapkan sebagai pembuka upacara groundbreaking-nya, proyek ini diharapkan selesai dalam waktu lima tahun.

Walikota Bandung sudah mempersiapkan sebuah genset besar untuk proyek ini. Dengan adanya genset ini proyek bisa dikerjakan sepanjang hari baik siang ataupun malam serta tidak bergantung pada listrik dari pemerintah. Genset yang digunakan adalah merek yanmar karena harga genset yanmar jauh lebih murah dari merek lain dan performanya juga bagus sehingga tidak rewel saat digunakan. 

Bikin Jersey Custom Murah Kualitas Bagus

Dewasa ini banyak sekali konveksi kaos sepakbola bikin jersey custom yang menjual dengan harga mahal tapi kualitasnya biasa saja, tentu ini menjadi kabar buruk...
Provey
38 sec read