Bagaimana web hosting memengaruhi SEO

2 min read

Ada banyak hal lain di SEO selain optimasi kata kunci dan pembuatan tautan. Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan oleh pemilik situs web yang membuat perbedaan besar dalam bagaimana peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. Memilih perusahaan hosting web yang tepat dan merancang situs web Anda dengan cara yang benar dapat meningkatkan traffic Anda dengan luar biasa. Begini caranya.

Pengalaman pengguna mengalahkan segalanya

Ada konsep dalam industri SEO yang berfokus pada kecepatan pemuatan laman: Semakin cepat semakin baik. Meskipun benar-benar benar bahwa situs web Anda harus memuat dengan cepat, kecepatan secara eksklusif bukanlah intinya. Pada akhirnya, SEO adalah tentang pengguna yang mengunjungi situs Anda. Ini tentang kebutuhan mereka dan apakah situs Anda benar-benar memenuhi apa yang dijanjikannya.

Apakah pengunjung melihat apa yang mereka inginkan? Apakah barang yang tepat dimuat dengan cepat? Pengunjung situs web Anda harus melihat konten inti situs Anda dengan cepat. Beberapa konten tambahan dapat memuat lebih lama — tidak apa-apa. Ini adalah konsep yang disebut First Meaningful Paint, dan merupakan faktor bagaimana peringkat situs Anda karena membuat pengunjung Anda senang dan Google menyukainya.

Jadi, sementara proses pemuatan halaman kami yang sebenarnya mungkin memakan waktu tiga detik, pengunjung Anda mungkin melihat semua konten Anda yang bermakna dalam satu setengah detik. Itu karena elemen yang memakan waktu lebih lama tidak penting untuk pengalaman pengunjung langsung. Kadang-kadang pixel Facebook dimuat sangat terlambat, misalnya. Atau piksel pelacakan dimuat kemudian. Dan itu tidak apa-apa. Dari perspektif pengguna, waktu pemuatan masih di bawah 2 detik.

Setelah pengguna berada di situs Anda, menjaganya agar tetap ada sangat penting. Jika Google melihat pengguna pergi ke halaman itu dan kemudian segera kembali dalam waktu tertentu, itu adalah sinyal bahwa situs web tidak memberikan apa yang dicari pengguna. Memiliki situs web yang lambat atau konten yang tidak relevan dapat memantulkan pengguna Anda kembali ke hasil pencarian, dan Anda tidak ingin hal itu terjadi.

SEO

Uptime adalah pusat (dan itu berarti host yang tepat)

Aspek penting lainnya dalam memberikan pengalaman pengguna premium adalah waktu aktif. Jika Google atau pengguna meminta situs Anda dan waktu habis secara konsisten atau server tidak dapat memberikan hasil, maka pengalaman pengguna situs web Anda kurang, untuk sedikitnya. Memastikan bahwa Anda memiliki waktu aktif hampir 100 persen sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang hebat bagi setiap pengunjung.

Selain itu, ada dua faktor waktu muat yang digunakan Google untuk mengukur situs Anda dan keduanya dapat dipengaruhi oleh host web Anda. Yang pertama adalah pencarian DNS, dan semakin lama host Anda untuk menyelesaikan pencarian DNS, semakin lama host Anda mulai memuat halaman Anda. Waktu mencari yang lama dapat merusak peringkat situs Anda.

Kedua adalah waktu buka halaman. Jika host Anda menggunakan server lambat, Anda dalam masalah. Jika server Anda membutuhkan waktu lebih dari 100 milidetik untuk memuat byte pertama, itu tidak baik untuk lalu lintas situs Anda. Waktu yang diperlukan server untuk menjawab permintaan browser idealnya setengah dari itu, 50 milidetik teratas.

Butuh strategi SEO baru? Berikut ini beberapa ide

Jika Anda siap membuat strategi SEO yang melampaui kata kunci, lakukan empat hal berikut:

  • Gunakan kode bersih. Bahkan tuan rumah terbaik tidak dapat menyimpan situs web Anda dari kode yang ditulis dengan buruk yang memperlambat waktu pemuatan dan merusak pengalaman pengguna. Jaga kode Anda tetap ringan dan bersih. CSS tambahan, JavaScript, dan file yang tidak diperlukan untuk memuat situs Anda tidak termasuk dalam kode Anda. Selain itu, pastikan kode Anda memenuhi syarat W3C dengan menggunakan layanan validasi markup.
  • Jaga keamanan situs Anda. Kita semua pernah melihatnya atau mendengar ceritanya. Pemilik bisnis yang tidak curiga diretas secara teratur, peretas dengan jahat menambahkan tautan ke situs tanpa sepengetahuan pemilik situs web. Google, tentu saja, melihat situs web dengan tautan yang tidak relevan ini dan menghukum peringkat pencarian situs web untuknya. Anda harus bekerja secara proaktif menjauhkan tautan buruk ini atau memilih penyedia hosting yang dapat membantu Anda menjaga mereka.
  • Ukur waktu pemuatan situs Anda dan waktu hingga byte pertama. Tools.pingdom.com adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu berapa lama situs Anda benar-benar diperlukan untuk memuat dan berkomunikasi dengan browser. Anda bahkan dapat menguji dari berbagai daerah. GTMetrix dan Yslow juga bagus dan jika Anda menggunakan Google Chrome, dan sedikit lebih teknis, Lighthouse adalah alat yang hebat dengan daftar item tindakan untuk meningkatkan kinerja.
  • Pertimbangkan hosting yang dikelola. Mengelola hosting dapat membuat mengelola pengalaman situs pengguna Anda lebih mudah. Ini mengatasi banyak masalah yang biasanya dimiliki pemilik situs web. Dengan hosting yang dikelola, Anda membayar orang lain untuk mengkhawatirkan backend penting SEO situs Anda sehingga Anda dapat fokus pada hal-hal lain, seperti membuat konten yang hebat.

Ini juga berarti Anda siap menghadapi yang tak terduga, seperti lonjakan traffic atau kunjungan oleh peretas. Sekali lagi, ini memungkinkan Anda untuk mengasah dalam menyediakan konten hebat dan melakukan pekerjaan hebat bagi pengguna Anda alih-alih menjaga situs web Anda dari mogok. Mengingat betapa pentingnya kinerja situs web untuk SEO, ini merupakan bagian penting untuk teka-teki.