Antara Sholat Witir dan Syarat Sholat Tahajud

1 min read

Antara Sholat Witir dan Syarat Sholat Tahajud

Antara Sholat Witir dan Syarat Sholat Tahajud

Sholat adalah amalan yang sangat dicintai oleh ALLAH Azza Wa Jallaa, karena perintah solat langsung di berikan ALLAH kepada nabi Muhammad tanpa perantara malaikat jibril, peristiwa ini dikenal dengan peristiwa isra miraj, dimana Nabi Muhammad naik ke langit dan menerima perintah sholat wajib yang 5 waktu.

Sholat wajib ini jika tidak di laksanakan maka akan mendapatkan dosa, dan bukan rahasia umum kalau kebanyakan dari kita banyak meninggalkan sholat ketika remaja atau sebelum mendapat hidayah, dan juga banyak dari shalat wajib kita yang tidak sempurna, entah itu sholat di rumah maupun ketidak khusuan kita sewaktu melaksanakan sholat.

Cara Menambal Kekurangan Sholat Wajib

Lalu sekarang setelah kita bertaubat dan mendapatkan hidayah, maka salah satu cara untuk menambal kekurangan dari sholat wajib tersebut adalah dengan memperbanyak sholat sunah, seperti sholat sunnah rawatib qabliyah dan badiyah, sholat duha, sholat wusdhu, sholat mutlak, sholat tahajud dan sholat witir.

Sholat Witir

Bahasan kal ini akan menerangkan tentang shalat witir dan syarat sholat tahajud, untuk sholat witir adalah sholat yang bilangan rakaatnya ganjil, bisa 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat dan seterusnya, di kerjakan 2 rakaat sekali salam dengan di akhiri dengan 1 rakaat, atau bisa langsung dilakukan 3 rakaat,5 rakaat secara langsung.

Dan waktu sholat witir ini adalah setelah sholat isya sampai menjelang masuk waktu subuh, bisa di kerjakan sebelum tidur maupun setelanh bangun tidur dengan mengiringi sholat tahajud.

Sholat Tahajud

Sedangkan sholat tahajud adalah sholat di malam hari yang di dahului dengan tidur terlebih dahulu, dengan kata lain syarat sholat tahajud adalah dengan tidur terlebih dahulu, berbeda dengan sholat witir yang di laksanakan sebelum atau sesudah tidur tetap dianggap atau dinamakan sebagai sholat witir.

Tapi kalau sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu, jika kita melaksanakan sholat malam selain witir tidak di dahului dengan tidur maka itu di namakan sebagai sholat qiyammul lail atau sholat malam.

Cara Sholat Malam

Cara paling baik untuk melaksanakan sholat malam ini atau panduan sholat tahajud adalah dengan sholat witir sebelum tidur dan nanti saat malam bangun tidur maka bisa di lanjutkan dengan sholat tahajud, tapi kalaupun tidak bangun malam dan kita bangun saat adzan subuh maka kita sudah melaksnakan sholat witir yang mana sholat witir ini tidak pernah di tinggalkan oleh rasullallah.

Satu lagi, jika kita sudah sholat witir sebelum tidur, nanti pas malam saat bangun untuk melaksanakan sholat tahajud maka kita tidak usah mengulang sholat witirnya, karena sholat witir hanya dilaksanakan 1 kali saja dalam semalam.

Dengan kita memperbanyak sholat sunah terutama sholat malam atau sholat tahajud maka mudah mudahan ALLAH subhanaHu ataala akan mengampuni kita dari melalaikan kewajiban sholat 5 waktu.