Alat Kesehatan Untuk Penanganan Covid 19

1 min read

alat kesehatan untuk covid 19

Covid-19 atau kita kenal juga dengan Virus Corona merupakan wabah yang menyebar di seluruh dunia, tidak terkecuali di negara kita. Berbagai macam cara dilakukan untuk menangani dan menolong warga masyarakat yang tertular Virus berbahaya ini. Salah satu cara yang wajib dan harus dilakukan bagi para tenaga medis adalah menyiapkan alat kesehatan lengkap. Mengingat banyak juga para tenaga medis yang juga tertular pada saat menangani pasien Covid 19 dikarenakan tidak menggunakan alat kesehatan lengkap.

Macam Alat Kesehatan Untuk Penanganan Covid-19

alat kesehatan untuk covid 19

Berikut ini beberapa macam alat kesehatan yang terkait dengan Covid-19 yang dibutuhkan di rumah sakit dan klinik, khususnya yang menjadi rujukan untuk penanganan dan perawatan pasien Covid 19.

1. APD Set

APD merupakan kepanjangan dari Alat Pelindung Diri. Secara umum ada banyak macam dan jenis alat pelindung diri. Termasuk juga yang digunakan oleh para tenaga medis pada saat menangani kasus Virus yang dapat menular antar manusia. Alat Pelindung Diri yang digunakan antara lain :

  • Baju Cover All – Merupakan baju yang mirip dengan mantel, dimana menutup seluruh bagian tubuh kecuali bagian muka, telapak tangan dan kaki. Baju ini idealnya terbuat dari bahan yang kedap air sehingga aman dari paparan.
  • Sarung Tangan – Sarung tangan bedah yang biasanya digunakan dalam proses operasi, terbuat dari bahan latex khusus.
  • Sepatu Safety – Sepatu Boot dengan tinggi minimal setengah betis, terbuat dari bahan karet yang kuat dan elastis serta juga kedap air
  • Masker N95 – Merupakan masker yang dibuat khusus untuk para tenaga medis dalam penanganan virus. Didesain khusus dengan memiliki lapisan lebih dari satu dan sirkulasi udara yang baik
  • Helm Face Mask – Kalau kita lihat mirip dengan helm yang digunakan untuk pelindung teknisi las listrik. Di bagian depan terdapat kaca untuk melindungi diri dari paparan virus yang mungkin berpindah ke wajah.

2. Ventilator ICU

Ventilator adalah alat medis yang digunakan untuk membantu proses respirasi (pernafasan) pada pasien gangguan pernafasan yang cukup parah. Alat ini berfungsi untuk menggantkan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru. Ventilator sangat dibutuhkan dalam penanganan Covid-19, khususnya untuk pasien yang mengalami gangguan nafas yang berat. Saat ini kita sedang mengalami kelangkaan alat Ventilator. Jika biasanya alat ini mudah ditemukan di Distributor Alat Kesehatan, sekarang hampir tidak ada dipasaran. Hal ini mungkin karena hampir seluruh negara membutuhkannya termasuk juga negara produsen alat ini berasal.

3. Desinfektan

Alat kesehatan lainnya yang juga dibutuhkan oleh tenaga medis ataupun masyarakat umum adalah desinfektan. Desinfektan adalah cairan yang dilengkapi dengan zat – zat pembunuh kuman. Ada banyak jenis desinfektan yang dapat kita gunakan. Bahkan kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan sabun. Tanpa desinfektan pun kita bisa memanfaatkan sabun untuk mencuci tangan. Bahkan hal ini dinilai lebih efektif ketimbang menggunakan hand sanitizer buatan pabrik.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada ksesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian, selamat beraktifitas dan tetap jaga kebersihan, sosial distancing dan jaga kesehatan.