7 Tips Sukses Jadi Marketing Pemula

2 min read

7 Tips Sukses Jadi Marketing Pemula

Profesi marketing adalah sebuah profesi yang memiliki serangkaian pekerjaan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kegiatan marketing seringkali meliputi penjualan dan promosi produk supaya produk itu terjual di pasaran.

Menjadi seorang Marketing Sedayu Indo Group yang handal adalah hal yang tidak mudah. Semua tergantung pada kemahiran dan seberapa lama pengalaman sebagai seorang marketing. Perusaahan apa saja sudah tentu selalu memiliki departemen marketing.

Maka dari itu sampai saat ini banyak perusahaan yang memerlukan kandidat untuk marketing. Profesi sebagai marketing dari dulu hingga saat ini tak pernah hilang atau berkurang. Justru semakin  banyak perusahaan yang berdiri semakin banyak juga marketing yang dicari.

Maka dari itu, profesi ini sangat mudah ditemukan dan memiliki peluang lowongan kegiatan yang tinggi. Untuk anda yang memang baru saja terjun di bidang marketing dan tertarik untuk menekuninya butuh poin-poin sebagai berikut bisa jadi tips jadi marketing pemula.

Tips Sukses Jadi Marketing Pemula

1. Percaya diri dan pantang menyerah

Menjadi seorang marketing harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Ini karena bagian marketing adalah divisi yang cukup sering berhadapan dengan begitu banyak client, maupun semua calon konsumen produkmu.

Kamu harus berani dan percaya diri memberikan penawaran produk mu yang nantinya berkesempatan akan menjadi customermu. Kamu juga harus memiliki mental pantang menyerah sebab tugas Marketing Gallery PIK 2 nyatanya tidak semudah hanya memasarkan produk. Kamu akan banyak dihadapkan dengan begitu banyak rintangan dan tentu saja penolakan.

2. Kuasai product knowledge

Walaupun anda seorang yang baru saja terjun dalam dunia marketing, anda perlu belajar dan menguasai mengenai product knowledge. Product knowledge akan membantumu dalam menjual suatu produk. Jika anda menguasainya calon pelangganmu akan merasa sangat yakin dengan produk yang akan dibeli.

3. Attitude yang baik

Memiliki sikap yang santun dan baik. Seorang marketing pemula harus memiliki sikap yang sabar dan sering kali santun pada siapa saja. Seorang marketing jangan membeda-bedakan calon customer melalui penampilan atau hal lainnya. Perlakukan semua calon customer secara sama dan dengan perilaku yang santun dan baik.

4. Berpenampilan menarik

Untuk anda seorang marketing pemula, tidak boleh lupakan untuk selalu memperhatikan penampilan. Penampilan merupakan hal utama dalam menunjang kegiatan sebagai seorang marketing. Untuk menghadapi begitu banyak client dan calon pelangganmu anda harus memperlihatkan penampilan yang segar dan professional.

5. Tanggap dan peka terhadap kebutuhan konsumen

Menjadi seorang marketing juga diperlukan rasa empati atau mempunyai kepekaan terhadap apa yang diperlukan konsumen. Berusahalah untuk memahami kemauan atau keperluan konsumen dan mengaitkan dengan produkmu. Jadikanlah produkmu sebagai solusi persoalan kebutuhannya.

6. Memahami ciri khas konsumen

Sebagai marketing pemula pasti saja memahami ciri khas konsumen bukanlah sesuatu yang instan. Mulailah belajar perlahan mengenai sejumlah konsumen yang sudah anda hadapi. Kamu dapat belajar melalui mentor marketingmu, seniormu, atau mengikuti kelas belajar dan seminar-seminar marketing. Hal ini bermanfaat untuk menunjang anda untuk menjadi seorang marketing professional nantinya.

7. Bangun relasimu

Sebagai seorang yang pertama kali terjun di dunia marketing, anda seharusnya mulai dengan membina jaringan dan relasimu. Mulai bertemu dengan banyak orang dengan cara bergabung dalam grup melalui sosial media, kelas, dan seminar-seminar.

Kamu tidak perlu langsung menembak atau hard selling untuk dijadikan target konsumen namun jadikanlah mereka sebagai teman bisnis atau temanmu. Dengan mengawali menjalin hubungan dengan orang lain secara baik, jaringanmu akan semakin luas dan potensi pasarmu juga semakin banyak secara tidak langsung.

Setelah memahami 7 poin tersebut, tidak ada salahnya untuk merealisasikan salah satu poin di atas. Menjadi seorang marketing pemula tentu saja bukan hal yang mudah. Maka dari itu, sebagai pemula anda dituntut untuk sering kali belajar dan jika memungkinkan mempunyai mentor.

Tambahan untuk anda yang baru saja terjun menjadi marketing adalah tetap sabar dan pantang menyerah. Karena anda berhadapan dengan banyak orang dengan begitu banyak karakter. Selalu lakukan senyum sapa dan salam untuk calon pelangganmu, tidak boleh membeda-bedakan pelanggan dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.