7 Kue Bolu Tradisional Dari Beberapa Daerah Di Indonesia

1 min read

Kue Bolu merupakan jenis kue berbahan dasar tepung, telur dan gula yang dimasak dengan cara dipanggang maupun dikukus. Bolu sendiri merupakan kuliner khas dari negara barat yang cukup populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Dalam bahasa Inggris bolu sendiri disebut cake dan merupakan jenis hidangan umum yang sering ada di pesta pernikahan.

Walaupun berasal dari kuliner negara-negara barat, di Indonesia juga terdapat variasi bolu tradisional yang dimodifikasi dengan menggunakan bahan-bahan lokal. Penggunaan beragam bahan lokal membuat bolu tradisional Indonesia memiliki cita rasa yang lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia. Disamping itu, ciri khas lain yang membedakan bolu Indonesia dengan luar negeri adalah tidak adanya tambahan topping apapun pada bolunya.

Berikut adalah 7 jenis kue bolu tradisional yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia:

Bolu Suri – Palembang

Bolu Suri merupakan jenis kue bolu yang berasal dari kota Palembang di Sumatera Selatan. Jika dilihat sekilas, bentuk teksturnya mirip dengan kue bika ambon dengan tekstur berongga. Dibandingkan bika ambon, kue bolu suri khas Palembang ini memiliki warna yang sedikit lebih pucat.

Bolu Klemben – Banyuwangi

Hidangan kue bolu tradisional juga ada di Jawa Timur yaitu bolu klemben dari Banyuwangi. Kue bolu ini memiliki tekstur yang sedikit keras di bagian luarnya namun lembut di dalam. Ukuran kue bolu klemben lebih kecil dibanding jenis bolu pada umumnya dan menyerupai bentuk kerang.

Bolu Kemojo – Riau

Warna khas dari bolu kemojo yang berasal dari provinsi Riau ini adalah hijau. Bentuk kue bolu kemojo juga cukup unik karena dicetak menyerupai bentuk dari bunga yang cantik. Pada adonan bolu kemojo terdapat campuran santan kelapa sehingga menghasilkan cita rasa yang sedikit gurih.

Bolu Peca – Sulawesi Selatan

Di provinsi Sulawesi Selatan juga terdapat kue bolu khas Bugis yang bernama bolu peca. Makanan unik khas masyarakat Bugis ini memiliki warna kecoklatan karena campuran gula merah pada adonannya. Biasanya bolu peca bisa dimakan begitu saja atau ditambahkan dengan saus gula merah.

Bolu Macan – Bangka Belitung

Tampilan kue bolu yang bercorak loreng seperti motif pada macan membuatnya dinamakan bolu macan. Sajian kue bolu khas dari provinsi Bangka Belitung ini memiliki tekstur lembut dan basah. Selain itu, penggunaan rempah khusus juga membuat bolu macan memiliki aroma yang khas.

Bolu Koja – Garut

Kota Garut di Jawa Barat juga memiliki sajian kue bolu yang bernama bolu koja. Meskipun tidak setenar dodol Garut, bolu ini juga merupakan kuliner khas Garut yang banyak diburu. Rasa bolu koja sedikit berbeda dari bolu pada umumnya karena memiliki rasa manis yang alami.

Bolu Bhoi – Aceh

Sekilas penampilan bolu bhoi khas Aceh cukup mirip dengan bolu klemben dari Banyuwangi. Namun, bolu ini memiliki variasi bentuk yang lebih beragam seperti ikan, bintang, dan lainnya. Secara tekstur, bolu bhoi memiliki bagian luar yang kering namun sangat lembut pada lapisan dalamnya.

Tujuh kue bolu tradisional dari beberapa daerah tersebut biasanya sering disajikan pada berbagai acara pesta atau hajatan. Beberapa juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas yang banyak dicari oleh para wisatawan sehingga perlu dibuat dalam jumlah yang besar. Umumnya para pembuat kue banyak menggunakan alat pengolah makanan yang banyak dijual di berbagai toko mesin untuk menghemat waktu pembuatan.