6 Kuliner Lezat Dari Kalimantan Tengah

2 min read

Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki luas wilayah terbesar di Indonesia. Dengan wilayah yang luas tersebut, tentunya Kalimantan Tengah memiliki berbagai macam kekayaan alam yang beragam dan melimpah. Selain itu, masyarakat Kalimantan Tengah sangat beragam dengan 3 suku utama yaitu Dayak, Jawa, dan Banjar yang memberikan keberagaman tradisi yang ada di Kalimantan Tengah.

Salah satu dari sekian banyak tradisi yang mewarnai kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah adalah tentu saja tradisi kuliner. Kuliner di wilayah Kalimantan Tengah sangat beragam dengan tradisi kuliner dari Dayak yang sangat khas. Selain itu terdapat pula pengaruh kuliner dari Jawa maupun Banjar serta beberapa daerah lainnya menjadikan kekayaan kuliner Kalimantan Tengah begitu beragam.

Sebagaimana umumnya kuliner khas Nusantara, kuliner tradisional Kalimantan Tengah juga banyak menggunakan rempah-rempah. Untuk memberikan rasa yang lezat, bumbu rempah tersebut biasanya dihaluskan terlebih dulu agar bisa lebih meresap ketika dimasak. Dengan berkembangnya zaman, biasanya bumbu rempah tersebut dihaluskan dengan alat penghalus bumbu yang bisa didapatkan di berbagai tempat jual mesin pengolah makanan.

Makanan khas Kalimantan Tengah memiliki rasa yang khas terutama dengan penggunaan bahan-bahan yang ada di sekitar. Berikut adalah beberapa kuliner Kalimantan Tengah yang terkenal:

 

1. Juhu Kujang

 

Juhu Kujang merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Makanan ini memakai bahan utama adalah keladi. Bumbu yang digunakan untuk membuat juhu kujang mengandung berbagai macam rempah. Selain keladi, dalam juhu kujang juga digunakan berbagai bahan seperti ikan asin, daun katuk, belimbing wuluh, terong, labu kuning, dan orca. Bahan-bahan tersebut dimasak bersama bumbu halus hingga matang. Juhu kujang cocok disantap dengan nasi hangat dan ikan goreng.

 

2. Wadi

 

Wadi merupakan salah satu olahan ikan yang biasa dikonsumsi masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah. Kuliner ini merupakan fermentasi dari ikan yang memiliki rasa yang khas. Ikan yang digunakan biasanya merupakan jenis ikan sungai seperti ikan papuyu, gabus, jelawat, dan baung. Proses fermentasi wadi menggunakan berbagai macam bumbu pengawet alami dan bawang putih untung memberikan wangi pada wadi. Wadi umumnya digunakan sebagai cadangan makanan oleh masyarakat Dayak.

 

3. Juhu Umbut Rotan

 

Juhu umbut rotan merupakan makanan yang menggunakan rotan muda sebagai bahan utamanya. Makanan ini memiliki kemiripan dengan sayur rebung yang menggunakan tunas bambu muda. Rotan yang masih muda ini dibersihkan dan dipotong kecil-kecil sebelum dimasak dengan santan dan berbagai macam bumbu. Umumnya, juhu umbut rotan disajikan dengan ikan seperti patin atau nila.

 

4. Ikan Jelawat

 

Ikan jelawat merupakan salah satu ikan yang banyak ditemui di sungai Kapuas yang mengalir di Kalimantan Tengah. Ikan yang mempunyai panjang 25 centimeter ini merupakan ikan yang mempunyai daging yang putih dan lembut. Umumnya masyarakat setempat menjadikan ikan ini sebagai ikan bakar. Ikan akan dibersihkan dahulu kemudian dibumbui dengan berbagai macam bumbu halus sebelum dibakar. Ikan Jelawat biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sayur asem.

 

5. Terong Mapui

 

Terong Mapui merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Tengah. Sesuai dengan namanya, kuliner ini memakai terong sebagai bahan utamanya. Terong Mapui diolah dengan membakar terong terlebih dahulu agar terong empuk dan dagingnya lembut. Kemudian terong diberi baluran bumbu halus yang sudah dimasak. Terong Mapui umumnya disajikan bersama nasi hangat dan ikan bakar.

 

6. Kalumpe

 

Kalumpe merupakan sayur daun singkong khas masyarakat Dayak. Sekilas sayur ini terlihat mirip dengan olahan sayur daun singkong di Pulau Jawa. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan antara sayur daun singkong biasa dengan kalumpe. Daun singkong pada kalumpe ditumbuk terlebih dahulu sebelum dimasak bersama bumbu halus dan terong pipit. Kalumpe yang telah matang ditaburi ikan teri dan kacang tanah kemudian disajikan bersama nasi hangat.

Beberapa Jenis Tumpeng Yang Ada Di Indonesia

Tumpeng merupakan salah satu jenis kuliner Indonesia yang berupa nasi yang dibentuk corong dan disajikan dengan berbagai jenis lauk. Secara tradisional, tumpeng biasanya disajikan...
Provey
1 min read