6 Daya Tarik Kampung Inggris Pare Kediri, Jawa Timur

1 min read

kampung-inggris-pare

Tidak perlu ragu lagi saat ingin belajar bahasa inggris, sebab sudah tidak perlu mengumpulkan uang untuk membeli tiket ke Inggris sampai meminta ijin orang tua untuk belajar ke luar negeri. Di Kediri, tepatnya di Kampung Inggris Pare, kamu bisa belajar bahasa inggris mulai dari hal yang basic hingga advanced dengan biaya yang jauh lebih murah daripada ke luar negeri.

kampug-inggris-pare

Letak dari kampung ini tepat berada di tengah Jawa Timur. Bila kamu dari Malang, jarak tempuh untuk menjangkau tempat ini hanya 2,5 jam saja, sedangkan bila dari Surabaya kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam saja.

Tertarik?

Tunggu dulu. Sebelum kamu datang ke tempat ini, simak dulu beberapa daya tarik sekaligus fakta tentang Kampung Inggris Pare di bawah ini.

1. Sejarah Kampung Inggris Pare

Dikutip dari kampunginggris.id, asal mula adanya kampung ini karena banyaknya tempat kursus bahasa inggris. Jumlahnya yang lebih dari 200 lembaga kursus membuat Kampung Inggris Pare tidak pernah sepi dari siswa pendatang.

Meskipun jumlah lembaga kursus bahasa inggris banyak, kamu tetap bisa menemukan tempat kursus lain, seperti kursus untuk persiapan SBMPTN, kursus bahasa mandarin, dll.

2. Menawarkan Suasana Seperti di Lingkungan Kampus

Banyaknya pendatang untuk belajar serta lembaga kursus di Kampung Inggris Pare membuat suasana seperti lingkungan kampus.

Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari tempat tinggal (kos ataupun camp), pusat perbelanjaan, café, tempat makan, tempat print & ATK, bahkan tempat laundry layaknya berada di lingkungan kampus.

Apalagi ditambah vibes bahasa inggris yang begitu melekat hingga beberapa tempat makan ataupun café menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi.

3. Bahasa Penduduk Kampung Inggris Pare

Meskipun namanya mengandung unsur kata ‘Inggris’, kampung ini tidak menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama mereka.

Penduduk lokal umumnya menggunakan bahasa Indonesia yang diselingi dengan bahasa Jawa. Kadang ada beberapa pedagang yang sengaja menggunakan bahasa inggris untuk menarik pembeli.

Mudahnya, tempat ini memang disiapkan untuk belajar bahasa. Mulai dari belajar bahasa inggris, bahasa jawa hingga bahasa daerah lain dari teman-teman kamu.

4. Program Kursus yang Variatif

Program variatif yang dimaksudkan adalah permainan durasi dan level belajar. Lembaga kursus bahasa inggris biasanya menyiapkan durasi program 2 minggu, 1 bulan, 2 bulan hingga 3 bulan.

Selain durasi lama kursus, level belajar di Kampung Inggris Pare juga disesuaikan dengan siswa yang belajar. Ada program yang khusus untuk TOEFL, IELTS, basic hingga level advance.

Tetapi setiap program di lembaga kursus menyediakan pengantar program (basic) sebelum memulai satu program dalam level tertentu.

5. Menjamurnya Tempat Nongkrong yang Kekinian

Lingkungan kampus yang tercipta di Kampung Inggris Pare menjadikan semakin menjamurnya tempat nongkrong di tempat itu.

Café dan tempat nongkrong di sana seolah menjawab kebutuhan dari siswa yang mulai suntuk hanya belajar bahasa inggris di dalam camp saja. Mulai dari café yang hanya menyediakan kopi hingga main course semua ada di kampung ini.

Harga dari masing-masing café disana juga bervariasi. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu.

6. Sarana untuk Menambah Teman Lebih Banyak

Ini adalah poin penting dari proses belajar di suatu tempat, yaitu memiliki teman yang semkin banyak. Kampung Inggris adalah sarana untuk menambah teman lebih banyak.

Beragamnya peserta kursus di suatu lembaga seperti mahasiswa, pelajar, guru, atau bahkan pekerja kantoran membuat kamu bisa bertemu dan saling berkenalan dengan mereka yang memiliki background berbeda darimu.

Nah itu dia 6 hal yang menjadi daya tarik dari Kampung Inggris Pare. Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk mendatangi kampung unik ini?