5 Kuliner Khas Bogor Yang Digemari Wisatawan

1 min read

Kota Bogor bersama dengan Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang merupakan kawasan yang membentuk daerah metropolitan Jabodetabek. Wilayah kota Bogor berada di tengah-tengah kabupaten Bogor dan termasuk ke dalam wilayah provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 56 kilometer dari ibukota Jakarta, Bogor mempunyai luas sekitar 118 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai hampir 1,1 juta jiwa.

 

Bogor sering dijuluki sebagai kota hujan karena memiliki curah hujan yang cukup tinggi bahkan di musim kemarau. Walaupun memiliki curah hujan yang tinggi, kota yang berada di ketinggian 265 meter diatas permukaan laut ini merupakan destinasi favorit wisatawan. Selain berkunjung ke beberapa tempat di Bogor, beberapa wisatawan datang untuk berwisata kuliner.

Wisata kuliner di kota Bogor sangat beragam jenisnya. Ada banyak sekali tempat kuliner yang menjual makanan baik makanan kekinian maupun kuliner khas Bogor yang banyak diburu para wisatawan. Berikut adalah beberapa jenis kuliner khas Bogor yang banyak diminati para wisatawan:

Asinan Bogor

Asinan Bogor merupakan makanan yang diacarkan atau diasinkan dengan garam atau cuka dengan bahan utamanya adalah buah-buahan. Jenis buah-buahan yang digunakan umumnya adalah buah yang banyak ditemukan di Bogor seperti mangga muda, jambu air, pepaya, bengkoang dan nanas. Buah-buahan tersebut diasinkan kemudian disajikan bersama dengan kuah cuka yang asam, manis, pedas ditambah taburan kacang goreng.

Tauge Goreng

Tauge Goreng adalah makanan yang cukup unik dan merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang sangat terkenal. Keunikan dari tauge goreng adalah pada cara pembuatannya dimana toge goreng dibuat dengan menumis tauge dengan sedikit air. Setelah ditumis bersama mie kuning, tauge dan mie disajikan bersama potongan tahu dan ketupat kemudian disiram dengan kuah kental dari oncom yang bercita rasa asin dan gurih.

Cungkring

Cungkring adalah salah satu kuliner khas kota hujan yang bahan utamanya menggunakan olahan kaki sapi. Cara pembuatannya adalah dengan memasak kaki sapi yang sudah dibersihkan hingga matang kemudian dimasak lagi bersama bumbu kuning. Setelah itu, kaki sapi tersebut disajikan bersama potongan lontong dan keripik tempe kemudian disiram bumbu kacang yang kental dan mempunyai cita rasa gurih dan manis.

Doclang

Doclang merupakan kuliner tradisional yang juga berasal dari kota Bogor. Kuliner ini menggunakan jenis ketupat dibungkus menggunakan daun pantat yang banyak ditemukan di kota Bogor. Satu porsi doclang terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng, kentang rebus, dan telur rebus yang disiram bumbu kacang yang mempunyai rasa gurih dan sedikit pedas. Selain itu doclang disajikan bersama kerupuk.

Soto Mie

Soto Mie adalah jenis kuliner khas Sunda yang memadukan mie dengan soto. Makanan ini berasal dari Bogor dan menyebar ke beberapa wilayah di Jabodetabek. Bahan utama soto mie adalah mie kuning yang terkadang dicampur dengan bihun. Untuk soto mie khas Bogor, bahan tambahannya terdiri dari urat sapi, babat, potongan tomat, kol, seledri dan kentang rebus, ditambah dengan potongan risoles yang berisi sayur dan bihun. Setelahnya bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah kaldu yang gurih.

Beberapa dari pedagang jenis kuliner tersebut masih mempertahankan cara memasak dengan alat tradisional. Namun ada beberapa yang sudah menggunakan mesin pengolah makanan yang lebih canggih yang banyak dijual di beberapa toko mesin pengolah makanan. Walaupun memiliki cita rasa yang sedikit berubah, namun jenis makanan tersebut tetap dicari oleh wisatawan.

Tips Blog SEO yang Dapat Kamu Lakukan agar Viewer…

Ini Dia Tips Blog SEO yang Dapat Kamu Lakukan agar Viewer dan Ranking Dapat Terus Melonjak Dari Blog Candra Haksono Meskipun sudah banyak media...
Provey
1 min read