Mengenal Engkol atau Crank pada Bed Rumah Sakit

1 min read

bed rumah sakit

Deskripsi

Istilah tempat tidur pasien atau bed rumah sakit sudah menjadi alat kesehatan utama yang harus ada. Di bagian tempat tidur pasien terdapat engkol atau crank untuk mengatur posisi tempat tidur pasien yang di inginkan.

Artikel

Engkol atau crank istilah biasa kita dengar yang berkaitan dengan bed rumah sakit dan umumnya engkol atau crank tempat tidur pasien yang di gunakan di rumah sakit terdiri dari satu engkol, dua engkol dan tiga engkol. Berikut ini penjelasan tentang engkol atau crank pada tempat tidur pasien.

Penjelasan Tentang Engkol atau Crank Pada Bed Rumah Sakit

bed rumah sakit

 Bed rumah sakit atau tempat tidur pasien di salah satu bagian terdapat poros engkol atau crank yang berfungsi untuk mengubah gerak tempat tidur pasien secara vertikal atau horizontal dari piston menjadi putaran. Engkol atau crank itu sendiri dapat di artikan sebagai alat bantu untuk menggerakan tempat tidur pasien kearah vertikal maupun horizontal dengan cara mengubah atau memutar engkol atau crank tersebut dan tempat tidur pasien sendiri dapat di artikan sebagai tempat tidur untuk orang sakit yang harus di rawat inap maupun rawat jalan di rumah dalam jangka waktu lama di atas tempat tidur. Berikut ini ada beberapa engkol atau crank yang harus kalian kenali fungsi dan cara menggunakannya :

  • Mengenal fungsi dan cara menggunakan satu engkol atau crank

Sebelum kita masuk penjelasan bagaimana cara menggunakan satu engkol atau crank yang harus kalian ketahui bahwa engkol atau crank di ujung bagian bawah dekat kaki pasien, peletakan tersebut di maksudkan perawat atau orang lain bisa mengaturnya dengan mudah tanpa harus mengubah tidur pasien. Satu engkol atau crank merupakan hanya satu bagian saja yang bisa di atur yaitu di bagian kepala pasien, fungsinya untuk menaikan kepala pasien pada saat makan atau minum obat dan cara menggunakannya bisa kalian putar engkol tersebut secara manual.

  • Mengenal fungsi dan cara menggunakan dua engkol atau crank

Sekarang kita masuk pada penjelasan bed rumah sakit dengan dua engkol atau crank, tempat tidur pasien dua engkol ini fungsi dan cara menggunakannya sama dengan tempat tidur pasien satu engkol atau crank. Perbedaanya hanya terletak pada bagian yang bisa di atur kalau tempat tidur dengan satu engkol hanya di bagian kepala pasien saja sedangkan tempat tidur pasien dua engkol ada dua bagian yaitu bagian kepala dan kaki pasien.

  • Mengenal fungsi dan cara menggunakan tiga engkol atau crank

Tempat tidur pasien tiga enkol atau crank ini merupakan gabungan dari tempat tidur pasien satu engkol dan dua engkol juga ada tambahan bagian yang bisa di atur yaitu bagian kepala, kaki dan bagian badan pasien. Fungsi tempat tidur pasien tiga engkol ini hamper sama dengan tempat tidur satu atau dua engkol yang beda hanya pada bagian cara menggunakannya. Untuk menggunakan tempat tidur tiga engkol ini bisa memutarkan kearah kanan untuk menaikan dan arah kiri untuk menurunkan, sebelum kalian memutar engkolnya kalian terlebih dahulu mengeluarkan pegangan yang ada di tempat tidur pasien baru kalian bisa memutar engkolnya.

Penjelasan di atas merupakan tempat tidur pasien yang di gunakan secara manual, sedangkan sekarang sudah ada bed rumah sakit yang bisa di gerakan menggunakan remote control sehingga memudahkan pasien dalam penggunannya.